Tahta Suci Vatikan Sambut Bulan Ramadan: 'Kita Saksi atas Suatu Harapan'

Tim Editor

Ilustrasi: Gereja Basilika St. Petrus di Vatikan. (Foto: Fabio Fistarol/Unsplash)

ERA.id - Tahta Suci Vatikan yang menaungi Gereja Katolik menyampaikan salam persaudaraan terhadap umat Muslim sedunia yang hari ini memasuki bulan Ramadan dan akan menyambut Idul Fitri 1442 H.

Dalam pesan resmi yang dirilis oleh Dewan Kepausan untuk Dialog Antar Umat Beragama disebutkan bahwa bulan Ramadan adalah "bulan yang kaya akan berkah Ilahi".

Puasa, doa, sedekah, serta praktik kesalehan lain diyakini akan membawa umat manusia "lebih dekat dengan Tuhan Sang Pencipta kita", demikian tertulis dalam surat ditandatangani di Vatikan, (29/3/2021).

Pesan menyambut Ramadan oleh Vatikan pada tahun ini menunjuk pada rangkaian peristiwa di 'tahun pandemi', di tengah karantina total (lockdown) yang memunculkan kebutuhan untuk mengekspresikan perhatian dan gerakan solidaritas persaudaraan. Ungkapan itu bisa lewat percakapan via telepon, doa, atau pertolongan lain sehari-hari yang pada dasarnya mengungkapkan solidaritas satu sama lain di tengah penderitaan ini, demikian sebut surat itu.

Surat yang ditandatangani Kardinal Miguel Angel Ayuso Guixot itu menggarisbawahi peran harapan sebagai sikap percaya manusia atas cinta Tuhan.

"Harapan muncul dari keyakinan kita bahwa semua masalah dan pencobaan kita memiliki arti, nilai dan tujuan," demikian ditulis dalam pesan tersebut.

Namun, sebut pesan tersebut, harapan juga memiliki "musuh", yaitu sikap kurang percaya pada kasih dan perhatian Tuhan, hilangnya kepercayaan pada sesama manusia, pesimisme, hingga pendapat yang tidak adil berdasarkan pengalaman negatif seseorang. Atas hal ini, Vatikan mengajak umat Katolik dan Muslim untuk sama-sama "melawan secara efektif" sikap semacam itu guna memperkuat harapan pada Tuhan dan kepercayaan pada sesama manusia.

"Kita, umat Kristiani dan Muslim, terpanggil menjadi pembawa harapan untuk kehidupan sekarang dan kehidupan yang akan datang, dan menjadi saksi, pemulih dan pembangun harapan ini, terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan dan keputusasaan, demikian tulis pesan tersebut.

"Sebagai tanda persaudaraan spiritual kami, kami membawa anda dalam doa kami, dan kami mengirimkan harapan terbaik untuk Ramadan yang damai dan berbuah, dan untuk Idul Fitri yang penuh kebahagiaan."

Tag: vatikan jaga toleransi eramadan ramadan Gereja Katolik

Bagikan: