Protes Bunyi Lonceng Gereja, Warga Ini Bikin Mayoritas Masyarakat Kent Inggris Gerah

Tim Editor

Gereja St Peter di Sandwich, Kent, Inggris (Wikimedia Commons)

ERA.id - Bunyi lonceng Gereja St Peter di Sandwich, membuat warga Kent, Inggris, mengeluh bising. Padahal, lonceng tersebut sudah terbiasa dibunyikan sejak 1779.

Akibat keluhan itu, Gereja St Peter harus menghentikan bunyi lonceng. Dilnasir dari BBC, lonceng di Gereja St Peter berbunyi setiap 15 menit, tetapi Dewan Distrik Dover melayani perintah pengurangan kebisingan malam hari, meskipun 85 persen penduduk kota keberatan.

Carole George, pemimpin kampanye Save The Chimes, mengatakan itu mengancam "tradisi dan sejarah" di kota abad pertengahan. Dewan sendiri mengatakan memiliki "kewajiban hukum untuk menyelidiki keluhan kebisingan".

Sebab bunyi lonceng gereja itu masih diharapkan, lebih dari 3.500 orang menandatangani petisi agar lonceng di gereja Norman tetap berdentang. Meski begitu, keputusan dewan minggu ini membuahkan satu hasil: mereka akan membungkam lonceng antara pukul 23:00 dan 07:00 pagi waktu setempat.

Untuk diketahui, walau dewan sudah bersikap, keluhan warga soal lonceng gereja sempat berbuntut panjang. Save The Chimes lalu turun mensurvei orang-orang di kota dan hanya 15 persen yang acuh tak acuh, atau tidak menyukai lonceng.

Nyonya George berkata: "Ini bukan keputusan demokratis, dewan telah mengabaikan sebagian besar pemilihnya. "Gereja telah berdering selama berabad-abad, ini bukan suara baru. Ini adalah jantung kota ini yang berdebar kencang."

"Tidak jelas apa yang akan dilakukan dengan merusak mekanisme lama seperti itu, dan ada kekhawatiran lonceng itu akan berhenti sama sekali."

Mendengar hal itu, dewan mengaku memang keputusan itu bertentangan dengan mayoritas, tetapi mengatakan memiliki "kewajiban hukum untuk menyelidiki keluhan kebisingan".

Akhirnya, The Churches Conservation Trust memiliki waktu 90 hari untuk melakukan perubahan.

Seorang juru bicara berkata: "Kami tidak memiliki dana atau sumber daya untuk memfasilitasi banding."

"Kami telah memberitahu kelompok kampanye lokal jika kami menerima amanat yang jelas dari masyarakat bahwa mereka akan menggalang dana untuk menutupi biaya, kami akan meneruskannya."

Anggota parlemen dari South Thanet Craig Mackinlay mengatakan dia akan "berjuang untuk mendapatkan akal sehat untuk menang". Hingga kini, pelapor kebisingan telah dihubungi untuk memberikan komentarnya.

Tag: inggris gereja lonceng gereja

Bagikan: