PM Israel: Hamas Bakal 'Bayar Mahal' Atas Serangan Roket ke Yerusalem

| 12 May 2021 13:38
PM Israel: Hamas Bakal 'Bayar Mahal' Atas Serangan Roket ke Yerusalem
Sebuah bola api terlihat saat serangan udara Israel di Kota Gaza, Sabtu (4/5/2019). (Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Suhaib Salem/aww/cfo)

ERA.id - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memperingatkan bahwa militan akan membayar sangat mahal untuk roket yang mencapai pinggiran Yerusalem pada Senin.

Hari Senin sendiri merupakan hari libur di Israel untuk memperingati perebutannya atas Yerusalem Timur dalam perang tahun 1967.

Namun, di dalam negeri sendiri, PM Netanyahu menghadapi berbagai oposisi. Pecahnya permusuhan membuat lawan politik Netanyahu menangguhkan negosiasi tentang pembentukan koalisi partai sayap kanan, kiri dan kiri tengah untuk menggulingkannya setelah pemilihan 23 Maret yang tidak meyakinkan.

Pemimpin oposisi Yair Lapid memiliki waktu tiga minggu tersisa untuk membentuk pemerintahan, dengan pemilihan baru - dan kesempatan lain bagi Netanyahu untuk mempertahankan kekuasaan - kemungkinan jika dia gagal.

Liga Arab, beberapa dari anggotanya menuduh Israel melakukan serangan "secara sembarangan dan tidak bertanggung jawab" di Gaza dan mengatakan bertanggung jawab atas "eskalasi berbahaya" di Yerusalem.

Hamas, sementara itu, menamai serangan roket mereka ke Israel sebagai 'Pedang Yerusalem'. Mereka juga berusaha mengerdilkan peran Presiden Palestina Mahmoud Abbas, demikian dilaporkan ANTARA, dan menampilkan diri sebagai penjaga rakyat Palestina di Yerusalem.

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, mengatakan Israel telah menembakkan api di Yerusalem dan Al-Aqsa dan api meluas ke Gaza, oleh karena itu, bertanggung jawab atas konsekuensinya.

Haniyeh mengatakan bahwa Qatar, Mesir dan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah melakukan kontak untuk meminta ketenangan tetapi pesan Hamas kepada Israel adalah: "Jika mereka ingin meningkatkan serangan, perlawanan sudah siap. Jika mereka ingin berhenti, perlawanan sudah siap."

Sikap Lunak Amerika Serikat

Gedung Putih mengatakan pada Selasa bahwa Israel memiliki hak yang sah untuk mempertahankan diri dari serangan roket tetapi memberikan tekanan pada Israel atas perlakuan terhadap warga Palestina, dengan mengatakan Yerusalem harus menjadi tempat hidup berdampingan.

Amerika Serikat menunda upaya Dewan Keamanan PBB untuk mengeluarkan pernyataan publik tentang meningkatnya ketegangan karena itu bisa berbahaya bagi upaya di belakang layar untuk mengakhiri kekerasan, menurut para diplomat dan sumber yang akrab dengan strategi AS.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mendesak ketenangan dan "menahan diri di kedua sisi", dengan mengatakan: "Hilangnya nyawa Israel, hilangnya nyawa orang Palestina, Itu adalah sesuatu yang sangat kami sesali."

Dia menambahkan: "Kami mendesak pesan deeskalasi ini agar hilangnya nyawa ini segera berakhir.

Rekomendasi