Inggris Gandeng App Kencan Tinder untuk Kampanye Vaksinasi Covid-19

Tim Editor

Halaman login aplikasi kencan Tinder. (Foto: Mike Baumeister/Unsplash)

ERA.id - Mulai Senin, (7/6/2021), sejumlah aplikasi kencan menawarkan fitur khusus di Inggris berupa stiker 'I got my shot' ('Saya sudah divaksin') yang bisa ditampilkan di profil pengguna. Hal ini bertepatan dengan digelarnya vaksinasi Covid-19 bagi kaum muda Inggris.

Melansir CNA, pemerintah Inggris berkolaborasi dengan aplikasi kencan seperti Tinder, Bumble, dan Hinge untuk memikat minat anak muda Inggris pada vaksinasi Covid-19. Selain stiker, ada juga fitur badge dan bonus tertentu yang bisa didapatkan pengguna, sebut Departemen Kesehatan setempat.

Pekan ini, Inggris memulai program vaksinasi corona bagi warga berusia di bawah 30 tahun, seperti dikonfirmasi Sekretaris Kesehatan Matt Hancock.

Langkah ini serupa dengan yang dilakukan sejumlah negara. AS, misalnya, pernah membuat program seperti ini pada Mei lalu, melibatkan aplikasi seperti Tinder, OKCupid, dan Plenty of Fish.

Di Inggris, pengguna bisa saling memberi kredit dari sesama pengguna terkait vaksinasi yang sudah mereka jalani. Sementara itu, Departemen Kesehatan Inggris menyatakan diri telah divaksin juga meningkatkan peluang menemukan jodoh kencan. Departemen itu mengutip survei YouGov pada Mei yang menemuka 28 persen warga dewasa Inggris enggan berkencan dengan orang yang belum divaksin.

Namun, meski berkolaborasi dengan aplikasi kencan, pemerintah Inggris hingga kini belum memberi lampu hijau bagi aktivitas kencan santai selama pandemi. Tidak ada larangan, namun bagi yang hendak bertemu teman secara kasual diminta untuk "waspada".

Di Inggris sejauh ini telah ada lebih dari 27 juta warga yang selesai divaksin, dan lebih dari 40 juta warga yang mendapat dosis pertama.

Mereka yang berusia di bawah 40 tahun berhak memilih vaksin selain Oxford-AstraZeneca terkait risiko yang sedikit lebih tinggi akan adanya pembekuan darah.

Tag: inggris kencan online vaksinasi COVID-19 Tinder aplikasi kencan

Bagikan: