Respect dengan Mantan Termasuk, Berikut Ciri-Ciri Pasangan yang Pantas Diperjuangkan untuk Serius

| 06 Sep 2022 20:50
Respect dengan Mantan Termasuk, Berikut Ciri-Ciri Pasangan yang Pantas Diperjuangkan untuk Serius
Ilustrasi kencan (Unsplash/René Ranisch)

ERA.id - Sebuah riset Tinder baru-baru ini menemukan kalau 80 persen anak muda sudah tahu cara mengidentifikasi “green flags” dari match mereka. Apa itu green flags? Yaitu sebuah fitur yang menjadi indikator di salah satu aplikasi kencan online, untuk menilai layak nggak sih, sebuah hubunganditeruskan menuju tahap selanjutnya.

Inilah beberapa green flags yang bisa kamu perhatikan dari match Tinder kamu. Berikut ciri-ciri pasangan yang layak tetap bersama kamu untuk menjalani hubungan ke tahap selanjutnya, seperti dirangkum dari rilis Tinder yang diterima Era.id.

1. Mereka bertanya dan mendengarkan opinimu

Sebanyak 79 persen anak muda Indonesia saat ini ternyata mencari partner yang berpikiran terbuka dan bisa menerima pendapat mereka. Contohnya, mulai dari nentuin tempat nge-date. Apakah partner kamu membahas pilihan tempat sama kamu, memikirkan cara kamu menuju ke sana, dan  berusaha bikin agenda nge-date kalian seru? Hal-hal seperti itu menunjukkan bahwa dia cukup perhatian, menghargai pendapat kamu, dan layak buat kamu swipe right.

2. Mereka mau luangkan waktu buat kamu

Semua orang sibuk; Ada pekerjaan, keluarga, teman, yang minta diprioritaskan. Kalau dia pengen mengenal kamu lebih jauh, dia perlu melakukan effort dong. 70% dari responden survey Tinder setuju jika si dia meluangkan waktunya buat kamu itu salah satu green flags. Karena, sulit buat menjalin hubungan - baik yang santai atau serius - kalau orangnya nggak ngasih kamu perhatian penuh.

Sebelum ketemuan, cobain deh, fitur Video Chat di Tinder! Fitur ini diciptakan dengan kontrol dan kenyamanan bagi pengguna supaya kalian berkesempatan untuk ketemu dulu secara digital.

(Foto: Tinder)

3. Mereka respect sama mantan

Etika tidak tertulis: Jangan julid-in mantan! Biarpun mantan adalah orang yang pengen kita lupain, penting untuk  memperlakukan mereka dengan hormat, khususnya saat di depan orang lain. Coba cek saat match kamu pas lagi bahas  mantan; apakah mereka ngomongin hal yang baik-baik? Kalau iya, itu pertanda green flags! Kemungkinan mereka  bakalan nge-treat kamu dengan hormat juga. Sebaliknya, kalau mereka sering cerita keburukan mantan, bisa jadi pertanda dia akan kurang baik memperlakukan kamu di masa depan.

Ngomong-ngomong mantan, 76% dari anak muda Indonesia bilang, mereka mencari fitur di dating app yang bisa melindungi privasi mereka, salah satunya mengontrol siapa yang bisa melihat profil mereka.

Untuk mengakomodir kebutuhan tersebut, Tinder punya fitur  Block Contacts yang ngebantu kamu menghindari orang tersebut - baik sudah terdaftar di Tinder atau jika suatu hari mereka mau pakai Tinder. 

4. Mereka nggak takut membicarakan perasaan mereka

Jangan takut dianggep bucin atau baperan pas nunjukin sisi emosional kita. 73% anak muda Indonesia percaya,  partner yang berani terbuka tentang perasaan mereka adalah bagian dari green flags. Mengetahui perasaan dia juga jadi cara untuk melihat hubungan ini beneran ada chemistrynya atau nggak. Lewat video call di Tinder, kamu bisa tes kenyamanan sama si dia sebelum ketemuan langsung.

5. Mereka terbuka soal keuangan

Ketemuan sama match mestinya bikin happy, asal gak ada masalah sama budget! Sepakat soal  budget ngedate yang adil, termasuk split bill juga bagian dari green flags. Perhatiin juga red flag satu ini: kencan yang nggak menyenangkan biasanya terjadi  karena kita melakukan aktivitas di luar budget, atau kalian nggak diskusi dulu tentang siapa yang akan bayar.

Karena kamu masih dalam tahap perkenalan, ingat, jangan pernah kirim uang ke match Tinder kamu - meskipun dia bilang dalam keadaan darurat

Lewat fitur Tinder Explore, kamu bisa nemuin match dengan orang-orang yang punya interest yang sama dengan kamu. Mulai dari foodies, music lovers, animal parents, sampai thrill seekers.

6. Mereka menghormati boundaries kamu

Setiap orang punya batasannya masing-masing. Cari date yang menghormati batasan kamu, dan selalu berusaha bikin kamu merasa nyaman. Biasanya, date yang respect sama kamu akan nanya ‘Kamu gapapa gak, kalau aku ngelakuin ini?’ atau ‘Kamu nyaman gak kalau aku begini?’ atau ‘Kamu sukanya gimana?’.

Tinder punya fitur Are You Sure yang menggunakan teknologi AI untuk mendeteksi bahasa percakapan yang kurang pantas, dan secara proaktif memperingatkan pengguna kalau pesan yang akan dikirim mungkin bisa menyinggung lawan bicara, dan meminta mereka untuk berhenti sejenak sebelum mengirim pesan. Fitur ini merupakan bagian dari tools pencegah bahaya, termasuk fitur lain, Does This Bother You? yang memberikan dukungan bagi para pengguna ketika menemukan bahasa yang kurang pantas pada pesan yang mereka terima.

68% responden survey Tinder menyatakan, mereka ingin kencan sama orang yang mereka bisa percaya dan cerita tentang banyak hal. Untuk itu, saat nge-date selalu perhatiin semua red flags dan green flags, dan ingat untuk mempercayakan insting kamu.

Tingkatkan percaya diri kamu lewat Tinder Safety Centre dan pelajari lebih banyak cara ngedate yang aman. Mulai dari Photo Verification, Block Contacts dan Video Chat. Mungkin kita nggak bisa mengontrol sikap orang lain, tapi semakin kamu familiar dengan dating traps yang ada, semakin tegas juga kamu dalam menyikapi semua hal tersebut.

Semoga kamu cepat menemukan green flags di match kamu!

Rekomendasi