Rakyat Korea Utara Berlinang Air Mata Lihat Kim Jong-un Makin Kurus

| 28 Jun 2021 19:45
Rakyat Korea Utara Berlinang Air Mata Lihat Kim Jong-un Makin Kurus
Foto kolase perbandingan penampilan Kim Jong-un dalam beberapa bulan terakhir. (Foto: Tangkapan layar dari Bloomberg QuickTake)

ERA.id - Laporan TV Korean Central Television (KCN) menunjukkan peristiwa menyentuh hati ketika warga menangis melihat pemimpin utama mereka Kim Jong-un dalam kondisi jauh lebih kurus dari biasanya. Memunculkan spekulasi mengenai kesehatan Kim.

Media Mint, (28/6/2021), mengabarkan bahwa dalam siaran TV Korea Utara itu, seorang warga berkomentar "warga sangat bersedih saat mereka melihat pengampilan kurus kering dari sang jenderal pemimpin."

Kim Jong Un

"Semua mengaku bahwa air mata mereka berlinang tanpa dibuat-buat," sebut warga yang sama.

Siaran ditayangkan pada 4 Juni lalu. Wawancara dengan warga adalah bagian dari segmen sepanjang 8 menit, yang isinya adalah permintaan pendapat 20 warga mengenai konser musik yang memainkan lagu-lagu propaganda pujian atas Kim dan partai pemerintah.

Siaran TV tersebut muncul setelah Kim absen dari publik selama sebulan. Ketika terlihat kembali di tanggal 4 Juni, ia dalam kondisi lebih kurus dari biasanya, meskipun tak terlihat sedang sakit atau dalam kondisi lemah.

Beberapa pengamat mengatakan Kim, yang memiliki tinggi sekitar 170 cm dan dulunya memiliki berat 140 kg, kini terlihat seperti susut berat badan hingga 10-20 kg, seperti dilaporkan di NPR.

Mint mengabarkan bahwa Kim, dengan gestur energetiknya yang khas, usai konser langsung menghadiri rapat dengan petinggi partai yang telah dimulai 10 hari sebelumnya. Dalam rapat itu Kim mewanti-wanti kondisi pasokan makanan yang 'seret' di dalam negeri. Ia juga mengaku siap melakukan "dialog maupun konfrontasi" dengan Amerika Serikat.

Sebagai orang yang mengalami obesitas dan perokok keras, Kim, 37 tahun, telah jadi perbincangan selama bertahun-tahun, terutama soal kesehatannya. Ia paling lama tak terlihat publik selama enam pekan, pada 2014. Saat ia muncul ke publik, ia menggunakan tongkat jalan, menimbulkan spekulasi bahwa ia menderita asam urat.

Pihak Kementerian Unifikasi Korea Selatan menyatakan tidak memiliki informasi terkait kesehatan Kim, dilansir dari NPR. Namun, penampilan Kim yang makin kurus telah menjadi perhatian Seoul, sementara warga membagikan foto Before-After penampilan Kim yang mencolok itu.

Rekomendasi