Richard Branson Miliarder Pertama yang Melihat Bumi dari Luar Angkasa

| 12 Jul 2021 12:20
Richard Branson Miliarder Pertama yang Melihat Bumi dari Luar Angkasa
Foto Richard Branson, miliarder dan pemilik perusahaan transportasi luar angkasa Virgin Galactic, Minggu, (11/7/2021). (Foto: @RichardBranson/Twitter)

ERA.id - Richard Branson, miliarder asal Inggris, menjadi orang pertamayang menaiki roket buatannya sendiri ke luar angkasa. Ia menaiki pesawat bermesin roket buatan perusahaannya, Virgin Galactic, setelah lepas landas dari New Mexico, Minggu, (11/7/2021).

Branson ditemani oleh dua karyawan Virgin Galactic dan dua pilot saat menaiki pesawat SpaceShipTwo, yaitu pesawat bersayap dengan satu penggerak roket, demikian dikabarkan oleh CNN. Mereka lepas landas pada Minggu pagi.

Pesawat roket tersebut ditopang oleh pesawat induk - dinamai WhiteKnightTwo - hingga ke ketinggian di atas 15 ribu meter. Setelah itu, tepat pukul 9.15 pagi waktu AS, SpaceShipTwo melepaskan diri dari pesawat induk sebelum mesin roketnya menyala dan mendorong pesawat bersayap itu makin tinggi.

Di dalam pesawat, para penumpang merasakan kekuat setara 3G force akibat akselerasi super cepat itu, sebut CNN.

Di puncak ketinggian, atau pada titik 80,4 km dari permukaan bumi, para penumpang melayang dalam ruang hampa selama beberapa menit. Langit yang biru telah berubah menjadi luar angkasa yang gelap, seperti disebut CNN.

Setelah itu, roket SpaceShipTwo menggunakan mekanisme sayap pesawat untuk meluncur kembali ke bumi dan mendarat dengan selamat di landasan pacu.

"Bagi anak-anak di luar sana. Aku dulu juga hanya seorang anak yang bermimpi sambil melihat bintang-bintang. Saat ini aku sudah jadi orang dewasa yang berada dalam pesawat luar angkasa. Jika kita bisa melakukan ini, bayangkanlah apa yang kalian bisa lakukan kelak," kata dia.

Kesuksesan Richard Branson ke luar angkasa itu juga dirayakan dengan pesat bersama teman, keluarga, karyawan dantamu undangan. Pada Minggu, Branson mencuitkan foto dirinya bersantai bersama Elon Musk. Musisi Khalid diperkirakan akan merilis satu lagu dalam pesta perayaan ini.

Penerbangan Branson ini - sembilan hari lebih cepat dari rencana penerbangan yang sama oleh miliarder lainnya, Jeff Bezos - menandai babak baru industri luar angkasa komersil.

Model bisnis ini - yang membawa manusia merasakan mikrogravitasi sejenak, lalu kembali ke bumi - dipandang menjadi tawaran eksklusif bagi ribuan orang yang punya mimpi merasakan kehidupan di luar angkasa.

Rekomendasi