SpaceX Berhasil Luncurkan Roket Pertama yang Dikendarai Non-Astronot

| 16 Sep 2021 08:36
SpaceX Berhasil Luncurkan Roket Pertama yang Dikendarai Non-Astronot
Roket Inspiration4 dari SpaceX. (Foto: SpaceX/Twitter)

ERA.id - Inspiration4, penerbangan luar angkasa pertama yang diawaki oleh warga sipil non-astronot, berhasil lepas landas, Selasa, (14/9/2021) pukul 18.00, via Kennedy Space Center, Amerika Serikat.

Para penumpang roket, berjumlah empat orang, bakal berada di luar angkasa selama tiga hari di dalam kapsul Crew Dragon. Mereka bakal melayang di ketinggian 563 km, atau 160 km lebih tinggi dari orbit Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Proses peluncuran roket berjalan dengan lancar, seperti disiarkan langsung di akun Twitter SpaceX. Dua setengah menit setelah peluncuran berjalan mulus, bagian mesin pendorong roket di sebelah bawah kembali ke Bumi secara otomatis dan mendarat dengan selamat.

Para kru yang ada di Inspiration4 terdiri dari miliarder Jared Isaacman, yang secara pribadi mendanai penerbangan ini, sebut CNN. Lalu ada Hayley Arceneux, survivor cancer dan kini menjadi asisten dokter rumah sakit; Sian Proctor, ahli geologi; dan Chris Sembroski, karyawan Lockheed Martin dan pemenanga lelang penerbangan luar angkasa.

Selama tiga hari di luar angkasa, para kru Crew Dragon bakal berkomunikasi dengan sejumlah keluarga di Bumi dan juga melakukan eksperimen.

CNN menyebut bahwa kapsul Dragon, dinamai Resilience, merupakan bagian kabin penumpang yang pernah digunakan dalam misi luar angkasa lainnya.

Rekomendasi