Balapan Formula E Dimulai 2022, Tapi Tidak Ada Nama Jakarta dalam Jadwal Sementara

| 13 Jul 2021 13:23
Balapan Formula E Dimulai 2022, Tapi Tidak Ada Nama Jakarta dalam Jadwal Sementara
Arsip: Mobil tim Panasonic Jaguar Racing bersiap melaju dalam Marrakesh ePrix, 2017. (Foto: Jaguar MENA/Flickr)

ERA.id - Jadwal balap mobil listrik Formula E untuk musim 2021/2022 telah dirilis. Uniknya, dari 16 putaran balapan tersebut, ada tiga kota yang untuk pertama kalinya menyelenggarakan balapan - atau ePrix.

Melansir Jalopnik, musim ke-8 dari Formula E bakal membawa pebalap dan timnya ke lebih banyak negara di dunia. Selain ke Arab Saudi, Meksiko, China, Italia, Monako, Jerman, Amerika Serikat, dan Inggris - yang telah jadi langganan penyelenggara Formula  E - tahun depan akan ada kota Cape Town (Afrika Selatan), Vancouver (Kanada), dan Seoul (Korea Selatan).

Khusus untuk Seoul, event Formula E akan digelar dalam dua putaran di jalanan kota setempat.

Jalopnik menyebut bahwa untuk kalender Formula E musim 2022, Valencia ePrix tidak diikutkan kembali menyusul kontroversi di mana mobil-mobil listrik yang membalap kehabisan daya sebelum start.

Sementara itu, ePrix di Meksiko, Italia, dan Jerman juga diturunkan dari dua putaran menjadi satu putaran.

Afrika Selatan belum pernah menyelenggarakan balapan mobil FIA sejak Grand Prix Afrika Selatan 1993 di sirkuit Kyalami. Kala itu, Alain Prost berhasil menang mengalahkan pebalap Ayrton Senna.

Kota Vancouver di Kanada juga bakal perdana menggelar balapan mobil listrik pada awal Juli. Sementara itu, Seoul akan menjadi kota penutup musim 2022 dengan lintasan yang mengintegrasikan venue Olimpiade di kota tersebut, melansir Jalopnik.

Sayangnya, untuk kalender balap Formula E 2021/2022 nama Jakarta tak termasuk dalam daftar. Sempat beredar kabar bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diminta mencari alternatif lintasan balap, selain areal Monumen Nasional.

Pada Maret (23/3/2021), Director Sportainment PT Jakarta Propertindo M Maulana menyebut lokasi trek balapan di Jakarta masih dipertimbangkan.

"Saat ini lokasi masih dalam pertimbangan ke beberapa lokasi yang memiliki potensi untuk menunjukkan city branding dan ikon-ikon kota Jakarta," ujar Maulana, kala itu.

Musim 8 Formula E akan dimulai tanggal 28-29 Januari 2022 di Diriyah, Arab Saudi. Musim tersebut akan berakhir pada tanggal 13-14 Agustus 2022 di Seoul, Korea Selatan.

Rekomendasi