Arab Saudi Minta Warganya Tidak Pergi ke Indonesia di Tengah Wabah Covid-19

Tim Editor

Situasi di Terminal Utara Bandara King Abdulaziz, Arab Saudi. (Foto: Wikimedia Commons)

ERA.id - Arab Saudi telah melarang warga negaranya berkunjung ke Indonesia di tengah wabah Covid-19, seperti diumumkan sebuah kementerian Saudi.

Melansir Kantor Berita Saudi, seorang sumber dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi pada Rabu, (21/7/2021), mengatakan bahwa keputusan pelarangan ini dimaksudkan untuk menjaga keselamatan warga kerajaan.

Selain itu, keputusan diambil atas dasar "menyebarnya varian baru virus (Covid-19), dan situasi kesehatan dari Republik Indonesia."

Pemerintah kerajaan Saudi tidak menjabarkan sampai tanggal berapa peraturan ini akan berlaku. Namun, sumber pemerintahan tersebut mengatakan bahwa perjalanan secara langsung atau tidak langsung ke Indonesia dilarang bagi warga negara Saudi "hingga situasi epidemiologis di Indonesia berhasil distabilkan."

Lebih lanjut, melansir Gulf Business, Kementerian Dalam Negeri Saudi meminta warga negaranya yang ada di Indonesia tetap berhati-hati, menjauhi kawasan yang mencatatkan jumlah infeksi yang tinggi, dan mengikuti protokol kesehatan. Kementerian juga mendesak warganya pulang ke Arab Saudi sesegera mungkin.

Indonesia, pada Rabu, mencatatkan 33.772 kasus infeksi Covid-19 baru sehingga total ada lebih dari 2,98 juta kasus positif Covid-19 di Indonesia. Di hari yang sama, 1.383 kasus kematian juga terjadi dalam waktu 24 jam terakhir.

Melonjaknya tingkat infeksi corona diduga dipicu oleh sebaran varian Covid-19 Delta.

Disebut di Gulf Business, beberapa negara lainnya, seperti Vietnam, Korea Selatan, dan Jepang, juga telah berupaya memanggil kembali warga negara mereka yang masih ada di Indonesia.

Di kalangan Konsul Kooperasi Kawasan Teluk (GCC), Arab Saudi bukan satu-satunya negara yang memberi peringatan ke warga negara soal kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia. Mulai 9 Juli, para pelancong dari Indonesia juga dilarang masuk ke negara Oman, hingga waktu yang belum ditentukan.

Tag: arab saudi covid-19 di indonesia pandemi COVID-19

Bagikan: