China Luncurkan KA Tercepat di Dunia, Jarak Jakarta-Bogor Cuma 10 Menit!

Tim Editor

Kereta 'maglev' tercepat di dunia buatan China Railway Rolling Stock Corporation. (Foto: China Out)

ERA.id - Sebuah kereta 'maglev' yang didesain untuk mencapai kecepatan 600 km/jam diluncukrna China di kota Qingdao. Kereta ini digadang-gadang menjadi yang tercepat di dunia, melansir sejumlah media.

CNN melaporkan, (21/7/2021), bahwa kereta tersebut dibuat oleh perusahaan plat-merah China Railway Rolling Stock Corporation.

Istilah 'maglev' sendiri merupakan singkatan dari magnetic levitation. Teknologi ini membuat gerbong-gerbong kereta melayang di atas rel berkat dorongan gaya elektromagnetis.


Selain bisa melaju dengan super cepat, kereta ini juga tidak menimbulkan polusi suara serta lebih mudah dirawat dibandingkan jenis-jenis KA cepat lainnya, demikian disebut Liang Jianying, wakil manajer umum dan kepala teknisi di CRRC Sifang kepada media China.

Purwarupa dari kereta maglev ini pertama kali dirilis tahun 2019. Di tahun tersebut, China juga mengumumkan ambisi mereka agar kota-kota metropolitan di negeri tersebut bisa ditempuh dalam waktu 3 jam saja melalui sebuah lintasan melingkar.

Namun, mimpi tersebut masih belum bisa terealisasi dalam waktu dekat karena pembangunan lintasan magles yang belum selesai.

Saat ini, China baru memiliki satu lintasan maglev yang tersedia secara komersial. Lintasan ini menghubungkan Bandara Pudong di Shanghai dengan stasiun kereta Longyang Road di kota yang sama. Dengan panjang lintasan 30 km, maglev bisa mengantar penonton dari titik awal ke tujuan dalam waktu tujuh setengah menit saja.

Industri kereta cepat menjadi industri prioritas di China yang ingin kota-kota besar terhubung dan bisa ditempuh dalam waktu singkat, sehingga biaya dan waktu perjalanan bisa lebih minim.

Moda transportasi KA cepat di China nantinya bakal mengisi kekosongan di antara kereta cepat biasa - yang memiliki kecepatan maksimal 350 km/jam - dengan industri transportasi pesawat terbang yang memiliki kecepatan tempuh hingga 800-900 km/jam.

Tag: china kereta cepat

Bagikan: