Hanya Selang Dua Pekan, Cuaca di Jepang Anjlok dari Panas Menyengat Jadi Sangat Dingin

| 13 Aug 2021 16:27
Hanya Selang Dua Pekan, Cuaca di Jepang Anjlok dari Panas Menyengat Jadi Sangat Dingin
Lake Onuma Bird Observatory di Wakkanai, Jepang. (Foto: The Crazy Tourist/Shutterstock)

ERA.id - Sepekan setelah mengalami gelombang udara panas yang menyengat, kota Wakkanai di Hokkaido, Jepang, langsung mengalami suhu cuaca anjlok sebanyak 10,5 derajat Celsius hingga mencetak rekor suhu terdingin bulan Agustus dalam 128 tahun terakhir.

Melansir Insider, (13/8/2021), suhu udara di Wakkanai pada Kamis anjlok ke 2,6 derajat Celsius, padahal dua pekan sebelumnya temperatur mencapai 31 derajat Celsius, atau yang tertingg dalam sejarah kota tersebut.

Warga setempat yang berangkat pagi hari di tengah musim panas ini mengaku bisa melihat uap udara dari nafas mereka.

Penurunan lebih ekstrem terjadi di kota pantai Horokanai, di mana setelah suhu mencapai 33,7 derajat Celsius, suhu anjlok ke 3,4 derajat Celsius hanya dalam waktu lima hari.

Perubahan cuaca yang ekstrem memang terjadi di Jepang selama beberapa pekan terakhir. Awal bulan ini, panitia Olimpiade harus memindah arena lari maraton ke Sapporo, juga di Hokkaido, di mana suhu diharapkan lebih sejuk. Namun, ternyata suhu udara di situ meningkat jadi 33,8 derajat Celsius pada awal Agustus.

Di Tokyo, suhu bahkan naik hingga 40 derajat Celsius, memicu risiko sengatan panas pada para atlet di sejumlah cabang olahraga.

Juga pada Kamis, ratusan ribu warga Jepang di pulau Kyushu diminta mengevakuasi diri menyusul risiko banjir dan tanah longsor akibat hujan lebat. Reuters memberitakan bahwa sinyal peringatan bencana berada di titik maksimal di sejumlah lokasi, agar warga segera menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman.

Rekomendasi