4 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh biar Enggak Sakit saat Cuaca Tak Menentu

| 04 Jul 2024 20:10
4 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh biar Enggak Sakit saat Cuaca Tak Menentu
Ilustrasi menjaga daya tahan tubuh biar nggak gampang sakit saat cuaca tak menentu (Freepik)

ERA.id - Saat ini, perubahan pola cuaca ini sudah pasti bisa menimbulkan dampak yang cukup signifikan hingga mengancam kesehatan.

Kuman dan virus akan lebih mudah menyebar dan menginfeksi orang-orang, terlebih saat cuaca tak menentu yang terkadang panas, lalu turun hujan. 

Beberapa penyakit akibat cuaca yang seperti ini biasanya diakibatkan oleh daya tahan tubuh yang melemah. Akibatnya, seseorang jadi mudah terserang batuk dan pilek, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), sampai sakit kepala.

Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui cara menjaga tubuh tetap sehat. Berikut tips menjaga kesehatan selama cuaca ekstrem menurut pakar kesehatan dari Universitas Indonesia (UI) Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD, seperti dilansir dari laman fk.ui.ac.id

1. Melindungi tubuh

Tubuh harus dilindungi dari paparan udara dingin di malam hari yang menusuk. Profesor Ari menyarankan untuk menutupi tubuh agar udara dingin yang menyengat tidak langsung kontak dengan kulit.

Jangan lupa gunakan jaket yang dapat menutupi seluruh tubuh, sebisa mungkin pakai pakaian berlapis dan gunakan tutup kepala tambahan, kaus kaki tebal dan sarung tangan selama berada di luar.

Jangan lupa untuk selalu mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Bahkan di dalam rumah sendiripun kita perlu memakai masker ketika ada keluarga yang kurang sehat untuk mencegah penularan penyakit.

2. Busana yang kering dan bersih

Usahakan selalu untuk menggunakan pakaian yang kering dan bersih. Udara dingin dan panas yang menyengat dan langsung kontak dengan kulit akan menyebabkan kulit menjadi kering, maka dari itu jangan sampai lupa untuk selalu mengolesi losion atau pelembap pada kulit tangan dan telapak kaki agar kulit tidak mengering dan tidak menimbulkan luka.

3. Melembapkan kulit

Banyak yang tak terlalu memperhatikan bagian bibir dan lubang hidung. Supaya tak kering dan luka, yang mana kondisi ini bisa mengurangi nafsu makan.

Profesor Ari menyarankan untuk tidak lupa mengolesi krim khusus bibir dan hidung, agar bibir tidak kering dan tidak menimbulkan luka. Mimisan atau keluar darah dari hidung sering terjadi pada orang-orang yang mengalami kekeringan pada lubang hidungnya.

4. Banyak minum air putih

Minum air yang cukup untuk mencegah agar tidak dehidrasi atau kekurangan cairan. Pasalnya, ketika tubuh sudah dehidrasi hal ini bisa memicu memburuknya kondisi tubuh.

Rekomendasi