Pemain Timnas Afghanistan Tewas Terjatuh dari Pesawat Evakuasi AS di Kabul

| 20 Aug 2021 10:45
Pemain Timnas Afghanistan Tewas Terjatuh dari Pesawat Evakuasi AS di Kabul
Zaki Anwari, pemain timnas Afghanistan yang jatuh dari pesawat evakuasi AS di Kabul, Senin, (16/8/2021). (Foto: FIFPro/Twitter)

ERA.id - Video yang diunggah ke media sosial, Senin, (16/8/2021), memperlihatkan dugaan sejumlah orang jatuh dari pesawat Globemaster C-17 Amerika Serikat yang sempat mendarat di bandara Kabul, Afghanistan.

Belakangan, diketahui bahwa salah satu korban yang terjatuh adalah pemain sepak bola tim nasional Afghanistan Zaki Anwari. Kabar ini disampaikan oleh Kantor Berita Afghanistan Ariana, Kamis, (19/8/2021).

Kerumunan massa terjadi di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Senin, setelah sehari sebelumnya kelompok Taliban mengambil alih kekuasaan.

Banyak dari para warga terlihat mencoba menaiki pesawat saat akan lepas landas. Beberapa bahkan nekat duduk di langkan roda pesawat ketika pesawat militer itu lepas landas.

Ariana menyebutkan bahwa Zaki Anwari jatuh dari pesawat Boeing C-17 milik Angkatan Udara Amerika Serikat dan kematiannya dikonfirmasi oleh Dirjen Olahraga.

Pada Selasa, Angkatan Udara AS menyatakan mulai menyelidiki peristiwa pesawat militernya yang lepas landas dalam kondisi sejumlah warga sipil bergelayutan di roda pendaratan.

Melansir AirForceMag, pesawat C-17 milik AS sebenarnya diberangkatkan dari Washington, AS, untuk mengirim peralatan untuk proses evakuasi warga AS dan Afghanistan. Namun, sebelum pesawat itu bisa melakukan penurunan muatan, ratusan warga telah menerobos pembatasan dan berkerubung.

"Menghadapi keadaan keamanan yang makin memburuk, kru C-17 memutuskan pergi dari pangkalan udara secepat mungkin," sebut pernyataan dari Angkatan Udara AS.

Pernyataan itu juga menyebut jenazah manusia ditemukan di langkan roda C-17 ketika pesawat tersebut tiba di pangkalan udara Al Udeid di Qatar.

Rekomendasi