Bandara Kabul Kacau Balau, Warga Afghanistan Panjat Pesawat yang Mau Lepas Landas

| 16 Aug 2021 18:12
Bandara Kabul Kacau Balau, Warga Afghanistan Panjat Pesawat yang Mau Lepas Landas
Seorang koresponden BBC membagikan situasi eksodus besar-besaran di Bandara Internasional Hamid Karzai, Senin, (16/8/2021). (Foto: Yalda Hakim/Twitter)

ERA.id - Bandara di ibu kota Kabul, Afghanistan, berada dalam kondisi kacau-balau, Senin, (16/8/2021), ketika warga setempat berebut menumpangi penerbangan mana pun yang bisa membawa mereka pergi dari negeri yang telah diambil alih milisi Taliban itu.

Otoritas Penerbangan Sipil Afghanistan (ACAA) telah mengumumkan bahwa semua penerbangan komersil dari Bandara Internasional Hamid Karzai dibatalkan, Senin, melansir Deutsche-Welle (DW).

Jalur udara Kabul sepenuhnya diberikan ke pihak militer, demikian diumumkan otoritas setempat.

"Tidak akan ada penerbangan komersil dari Bandara Hamid Karzai untuk mencegah penjarahan dan pengrusakan. Tolong jangan berkerumun di bandara," kata otoritas bandara Kabul kepada para reporter.

Namun, situasi di bandara Kabul - jalur keluar satu-satunya dari Afghanistan setelah daerah perbatasan jatuh ke tangan Taliban - kini sudah dalam kondisi tak terkontrol. DW, Senin, melaporkan bahwa pasukan AS yang mengamankan bandara tersebut melepaskan tembakan ke udara ketika warga Afghanistan berkerumunan di landasan pacu demi bisa mendapat kursi di penerbangan manapun.

Sedikitnya lima orang tewas di bandara Kabul saat ratusan orang berupaya secara paksa memasuki pesawat-pesawat yang akan lepas landas di Kabul, Senin, seperti dilaporkan Reuters.

Penyebab tewasnya warga Afghanistan masih simpang siur hingga kini, apakah karena tembakan senjata atau karena terinjak-injak oleh massa.

Koresponden radio publik Jerman ARD membagikan, via Twitter, rekaman video ketika terdengar tembakan di Bandara Kabul.

Sementara itu, kanal berita televisi Afghanistan TOLOnews membagikan rekaman video ketika orang-orang berlarian di landasan pacu bandara Kabul sementara sebuah pesawat militer AS berusaha lepas landas.

Beberapa orang terlihat memanjat ke sisi pesawat sementara pesawat sudah bergerak maju.

"Massa di luar kendali," sebut pejabat Afghanistan kepada Reuters, mengenai warga sipil yang berlarian di landasan pacu.

"Tembakan dilepaskan hanya demi meredakan situasi kacau-balau."

Rekomendasi