Dubes Jerman di China Meninggal Dua Pekan Sesudah Dilantik

| 06 Sep 2021 15:23
Dubes Jerman di China Meninggal Dua Pekan Sesudah Dilantik
Arsip - Bendera Jerman berkibar di depan Aula Besar Rakyat saat upacara penyambutan Presiden Jerman Joachim Gauck di Beijing, China, Maret 2016. (Foto: ANTARA/Reuters)

ERA.id - Duta Besar Jerman untuk China, Jan Hecker, meninggal dunia di usia 54 tahun, demikian disampaikan di situs resmi Kedutaan Besar Jerman untuk China, Senin, (6/9/2021). Berita ini muncul tiba-tiba, mengingat Hecker baru beberapa pekan menjalankan tugasnya.

Hecker mulai menduduki jabatan dubesnya pada 24 Agustus. Sebelumnya, ia merupakan penasihat kebijakan luar negeri untuk Kanselir Jerman Angela Merkel.

"Kami sangat sedih dan terkejut mendengar kematian mendadak Duta Besar Jerman untuk China," demikian sebut juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman, Senin, melansir CNN. "Kami berdoa bagi keluarga, kerabat, dan koleganya saat ini."

Tidak disampaikan apa penyebab kematian sang diplomat tersebut.

Jan Hecker
Kanselir Federal Jerman Angela Merkel dan Jan Hecker, (15/1/2020) di Berlin, Jerman. (Foto: CNN)

Jan Hecker, melansir CNN, merupakan Duta Besar Jerman untuk China yang ke-14. Sebelum menjalani tugasnya ini, ia pernah menjadi direktur Departemen Kebijakan Luar Negeri, Keamanan, dan Kebijakan Pembangunan. Ia juga merupakan penasihat Kanselir Merkel sejak 2017, demikian disebutkan kedutaan besar di Beijing lewat akun Weibo resmi.

Kanselir Merkel, Senin, via Twitter menyatakan "sangat terkejut" dengan kematian Jan Hecker.

"Saya merasa kehilangan sosok penasihat yang sangat cakap dan saya kenal selama bertahun-tahun, yang memiliki rasa kemanusiaan yang dalam dan keahlian yang mengagumkan," demikian cuplikan tulisan Merkel.

Hecker, di awal menjalani tugas diplomasinya, mengaku bahwa misinya adalah "berkontribusi untuk perkembangan jangka panjang dan stabil antara Jerman dan China". Ia juga berharap "memperkuat dialog dan kemitraan" antar kedua negeri, seperti disampaikan pihak kedutaan besar.

Rekomendasi