Baru Diduga Mencuri, Pria Ini Sudah Dibunuh dan Digantung oleh Taliban

| 26 Sep 2021 10:00
Baru Diduga Mencuri, Pria Ini Sudah Dibunuh dan Digantung oleh Taliban
Ilustrasi tiang gantung sebagai peranti salah satu bentuk hukuman mati.

ERA.id - Otoritas Taliban di kota Herat, Afghanistan barat, membunuh empat orang yang diduga penculik dan menggantung jasad mereka di depan umum untuk menciutkan nyali penjahat lainnya, kata pejabat pemerintah setempat, Sabtu (25/9).

Wakil Gubernur Herat Sher Ahmad Ammar mengatakan orang-orang itu menculik seorang pengusaha lokal dan putranya serta akan membawa mereka ke luar kota.

Para penculik tersebut terlihat oleh patroli yang mendirikan pos-pos pemeriksaan di sekitar kota.

Baku-tembak terjadi dan menewaskan keempat orang yang diduga penculik itu.

Sementara satu tentara Taliban terluka.

"Jenazah mereka dibawa ke alun-alun dan digantung di kota sebagai pelajaran bagi para penculik lainnya," katanya.

Dua korban penculikan dibebaskan tanpa mengalami cedera atau luka, katanya.

Mohammad Nazir, warga Herat, mengatakan bahwa dia sedang berbelanja makanan di dekat Alun-Alun Mostofiat di kota itu, ketika dia mendengar pengumuman melalui pengeras suara yang meminta perhatian orang-orang.

"Ketika saya melangkah maju, saya melihat mereka membawa mayat di truk pengangkut, kemudian mereka menggantungnya di mobil derek," katanya.

Rekaman mayat berlumuran darah, yang diayunkan di atas derek disebarkan secara luas di media sosial.

Catatan yang disematkan di dada pria itu tertulis "Ini adalah hukuman untuk tindakan penculikan".

Tidak ada mayat lain yang terlihat, tetapi unggahan media sosial menyebutkan bahwa mayat yang lain digantung di bagian lain kota.

Dalam wawancara dengan Associated Press yang diterbitkan minggu ini, tokoh senior Taliban Mullah Nooruddin Turabi mengatakan kelompok itu akan memberlakukan hukuman seperti amputasi dan eksekusi untuk mencegah penjahat.

Terlepas dari kecaman internasional, Taliban mengatakan mereka akan terus menjatuhkan hukuman cepat dan berat pada pelanggar hukum untuk menghentikan kejahatan seperti perampokan, pembunuhan dan penculikan yang meluas di Afghanistan.

Menurut kantor berita resmi Bakhtar, delapan penculik juga ditangkap dalam insiden terpisah di provinsi barat daya Uruzgan.

Rekomendasi