Patung George Flyod di New York Jadi Korban Vandalisme, Tersangka Naik Skateboard Lempar Tinta Biru

| 04 Oct 2021 21:05
Patung George Flyod di New York Jadi Korban Vandalisme, Tersangka Naik Skateboard Lempar Tinta Biru
Aksi vandalisme george floyd (twitter/@ShannanFerry)

ERA.id - Aksi vandalisme terjadi pada patung George Flyod yang berada di New York, Amerika Serikat. Tersangka diketahui merupakan seorang pria yang menaiki skateboard sebelum melemparkan tinta biru ke patung tersebut.

Menurut NYPD, perbuatan tidak bertanggung jawab itu diketahui terjadi sekitar pukul 10:00 waktu setempat pada Minggu(3/10/2021). Seorang pria yang memakai ransel hitam sambil menaiki skateboard tertangkap kamera sebagai tersangka utama.

Pria yang menaiki skateboard itu menyiramkan cet berwarna biru ke patung George Floyd. Polisi pun langsung bergerak cekap dengan mengamankan kamera CCTV di sekitar lokasi.

"Sangat mengecewakan bagaimana patung-patung itu dirusak dalam waktu yang begitu singkat, dan itu hanya menunjukkan kepada Anda seberapa jauh kita masih harus mencapai tujuan persatuan kita,"  kata kakak mendiang George Floyd, Terrence Floyd dikutip nytimes, Senin (4/10/2021).

Chris Carnabuci yang merupakan seniman yang membuat patung-patung itu mengatakan aksi vandalisme itu bukanlah hal yang mengejutkan baginya. Sebelumnya patung yang lebih kecil yang diresmikan di Brooklyn selama musim panas juga diserang dengan cat oleh pengacau.

Menurut Carnabuci, tindakan vandalisme bukanlah suatu tindakan yang produktif dan bermakna. Tindakan itu juga sebagai pengingat bahwa untuk menerima perbedaan masih sangat jauh dari harapan.

"Vandalisme dalam bentuk apa pun bukanlah tindakan yang produktif atau bermakna. Tindakan seperti ini mengingatkan kita bahwa jalan kita masih panjang, dan kita tidak akan pernah berhenti berjuang," ucap Carnabuci.

Sebelumnya Carnabuci mengatakan bahwa dia telah memutuskan untuk mengeranya dan patung-patung lainnya sehingga bila terjadi kerusakan lagi akan mudah untuk membetulkannya.

Patung Floyd adalah salah satu dari tiga tokoh kulit hitam terkemuka yang diresmikan akhir pekan lalu di Union Square, tempat banyak protes pada tahun lalu. Sosoknya duduk di sebelah patung mendiang anggota Kongres John Lewis dan Breonna Taylor.

Union Square adalah pemberhentian terakhir untuk patung George Floyd, yang menghabiskan beberapa minggu di Flatbush Avenue di Brooklyn selama musim panas. Kurang dari seminggu setelah pembukaannya di Brooklyn, patung itu dirusak dengan logo kelompok supremasi kulit putih.

Patung George Floyd akan dipameran dalam "SEEINJUSTICE" yang terletak di alun-alun selama satu bulan dan dimaksudkan untuk "meningkatkan kesadaran akan rasisme dan tindakan untuk perbaikan".

Rekomendasi