Detik-detik Pangeran Charles Puji dan Doakan Jokowi Sukses Pimpin Presidensi G20

| 01 Nov 2021 11:28
Detik-detik Pangeran Charles Puji dan Doakan Jokowi Sukses Pimpin Presidensi G20
Pangeran Charles (Dok. Forbes)

ERA.id - Pangeran Charles dari Inggris menghadiri pembukaan KTT G20 di Roma, Italia, pada Minggu (31/10). Dalam kesempatan tersebut, Pangeran Charles berharap presidensi Indonesia di G20 tahun depan akan berjalan sukses, terutama dalam memperkuat kemitraan global dalam menangani perubahan iklim.

Dalam pidatonya saat pembukaan KTT G20 di Roma, Italia, pada Minggu (31/10), Pangeran Charles bahkan menyebut nama Presiden Joko Widodo secara langsung untuk mengungkapkan harapannya tersebut.

"Sektor swasta juga menjadi salah satu aktor terpenting dalam memperkuat aliansi global di antara sektor swasta dalam menangani perubahan iklim. Karena itu, saya berterima kasih sekali kepada PM Italia Mario Draghi [ketua G20 tahun ini] karena mengangkat keterlibatan sektor swasta dalam penanganan perubahan iklim dalam pertemuan sangat penting ini," kata Charles.

"Ini juga alasan mengapa saya berharap Presiden Joko Widodo sukses di setiap langkahnya ketika Anda [PM Draghi] meneruskan perjuangan [presidensi G20] kepada beliau [Jokowi] dalam sebulan ke depan," sambungnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menilai penanganan perubahan iklim dan lingkungan hidup, hanya bisa dilakukan dengan bekerja sama dalam tindakan nyata, bukan saling menyalahkan.

“Indonesia ingin G20 memberikan contoh, Indonesia ingin G20 memimpin dunia, dalam bekerja sama mengatasi perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan dengan tindakan nyata,” kata Presiden Jokowi.

Rekomendasi