Minta Jokowi Pakai Momen G20 Untuk Kunjungi Rusia-Ukraina, Legislator PDIP: Tidak Usah Safari 3 Periode

| 07 Apr 2022 03:35
Minta Jokowi Pakai Momen G20 Untuk Kunjungi Rusia-Ukraina, Legislator PDIP: Tidak Usah Safari 3 Periode
Presiden Jokowi. (Foto: Antara)

ERA.id - Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Effendi Simbolon mendorong Presiden Jokowi turun tangan mendamaikan Rusia-Ukraina dengan memanfaatkan momentun Presidensi G-20. Dia mewanti-wanti jangan sampai Indonesia hanya menjadi sebatas penyelenggara tanpa mengambil langkah nyata.

Menurut Effendi, Presidensi G-20 dapat dijadikan momentum yang tepat untuk menginisiasi perdamaian Rusia-Ukraina.

"Kita hanya terbatas penyelenggara saja? Hanya sukses dalam EO saja? Poin kita adalah bagaimana momentum Presidensi G-20 kita tempatkan. Saya kin ini kita ada kesempatan," kata Effendi dalam Rapat Kerja dengan Menteri Luar Negeri Retrno Marsudi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022).

"5 bulan Pak Jokowi berperan untuk presidensinya G20 do nothing," imbuhnya.

Effendi lantas meminta Jokowi mengunjungi Rusia dan Ukraina untuk mengambil peran dalam proses mendamaikan kedua negara tersebut. Dia lantas membandingkan dengan sejumlah petinggi negara lainnya yang sudah lebih dulu mengambil peran dalam isu global tersebut.

"Masa presiden Turki, Presiden Israel, Presiden China yang ngambil peran. Presiden Indonesia dong, yang kebetulan as official adalah presidensi dari G20, yang salah satu membernya adalah Rusia dan berperangnya dengan hampir dari semua G20 members," kata Effendi.

"Kunjung ke Rusia ditemani oleh menteri luar negeri yang hebat ini. Dia berfoto bersalaman saja, itu nilai jualnya sudah luar biasa," imbuhnya.

Effendi lantas menyinggung soal maraknya wacana perpanjangan masa jabatan presiden. Dia menilai, daripada Jokowi sibuk bersafari tiga periode, lebih baik mengupayakan perundingan damai Rusia-Ukraina.

"Ada baiknya tidak usah safari tiga periode, safarinya ke sana saja. Saya berharap dalam waktu dekat ada jadwal beliau ke Rusia dan Ukraina," pungkasnya.

Kami juga pernah menulis soal Minta Indonesia Tetap Undang Putin, Budiman Sudjatmiko: Pertemuan G20 Bukan Forum Politik Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi