Singapura Laporkan Kasus Pertama Penularan Lokal Varian Omicron, RI Harus Waspada

| 10 Dec 2021 11:53
Singapura Laporkan Kasus Pertama Penularan Lokal Varian Omicron, RI Harus Waspada
Ilustrasi (Bussiness Standard)

ERA.id - Singapura mengkonfirmasi kasus pertama penularan lokal dari varian COVID-19 Omicron pada seorang karyawan di Bandara Changi. Kemnekes Singapura (MOH) langsung langsung memperingatkan kemungkinan lebih banyak kasus Omicron akan terdeteksi.

"Wanita Singapura berusia 24 tahun, yang bekerja dalam peran layanan di bandara, diduga  telah berinteraksi dengan penumpang transit dari negara-negara yang terkena dampak Omicron," kata kementerian kesehatan dalam sebuah pernyataan, Jumat (12/10/2021).

Namun, wanita tersebut mengalami gejala ringan karena telah divaksin dosis lengkap.

Kasus Omicron kedua yang dilaporkan pada hari Selasa adalah seorang turis dari Jerman. Singapura menggencarkan sequencing genom lebih lanjut untuk mengkonfirmasi varian.

Singapura sebelumnya telah mendeteksi tiga kasus Omicron, semuanya ditemukan pada pelancong luar negeri.

“Mengingat tingkat penularannya yang tinggi dan menyebar ke banyak bagian dunia, kita harus berharap untuk menemukan lebih banyak kasus Omicron di perbatasan kita dan juga di dalam komunitas kita,” kata kementerian kesehatan, seperti dikutip dari SCMP, Jumat (12/10/2021).

Singapura telah memvaksinasi 96 persen dari populasi yang memenuhi syarat, dan pihak berwenang mendesak masyarakat untuk mendapatkan suntikan booster di tengah kekhawatiran atas varian Omicron.

Rekomendasi