Dinkes DKI Jakarta Catat 6 Kasus Varian Omicron Transmisi Lokal

Tim Editor

Ilustrasi swab test (Dok. Antara)

ERA.id - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia menyebut, pihaknya telah mendeteksi enam kasus Covid-19 dari transmisi lokal di Jakarta. Adapun total kasus Varian Omicron di ibukota saat ini mencapai 152 kasus.

"Ada enam kasus di Jakarta yang kami laporkan," kata Dwi kepada wartawan, Selasa (4/1/2022).

Dwi merinci, dua kasus transmisi lokal ditemukan pada pasangan suami istri asal Medan yang datang ke Jakarta. Dia menilai, penularan Varian Omicron tersebut terjadi saat mereka berada di Jakarta.


"Mereka pelaku perjalanan dari Medan ke Jakarta, tapi kelihatannya masa penularan pas ada di Jakarta karena kan pengusaha, jadi kan banyak bertemu banyak orang," kata Dwi.

Kemudian, satu kasus lainnya merupakan keluarga dari suami-istri tersebut. Satu kasus merupakan pegawai restoran. Dua kasus lain merupakan petugas kebersihan di Rumah Sakit Darusat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran.

Dwi bilang, mayoritas kondisi kasus Omicron yang ditemukan di Jakarta tidak mengalami gejala, sementara sisanya bergejala ringan.

"Kondisinya semuanya bagus. Klinisnya tidak ada keluhan. Keluhan paling ringan saja. Memang, kelihatannya omicron ini sangat besar orang bergejala ringan atau tidak bergejala sama sekali," jelas Dwi.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengumumkan, jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 Varian Omicron di Indonesia telah mencapai 152 orang. Enam orang diantaranya terdeteksi terpapar Varian Omicron dari transmisi lokal.

"Dari 152, kita tahu enam sudah merupakan transmisi lokal. Ada yang datang sebagian besar di Jakarta, tapi ada juga yang datang dari Medan, Bali, dan Surabaya," kata Budi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/1/2022).

Budi merinci, enam kasus Varian Omicron dari transmisi lokal itu terdiri dari dua orang pekerja di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wima Atlet, Kemayoran, Jakarta. Kemudian dua kasus dari keluarga asal Medan yang datang ke Jakarta.

Selain itu, satu kasus Varian Omicron transmisi lokal yang terdeteksi dari anak diplomat dan pasangan yang berlibur dari Bali.

"Satu itu ada anak diplomat yang tertular kakanya dari luar, tapi dia tinggal di Indonesia. Satu lagi adalah couple yang jalan liburan ke Bali, kemudian dia pulang ke Surabaya, lalu terindentifikasi di Surabaya," kata Budi.

Kementerian Kesehatan, kata Budi, langsung melakukan penelusuran kontak erat atau tracing dari enam kasus Varian Omicron transmisi lokal tersebut.

Tag: covid-19 DKI Jakarta transmisi lokal omicron omicron

Bagikan: