Utusan Taliban Akan Gelar Pertemuan dengan Petinggi Norwegia, Mulai Diakui Negara Lain?

Tim Editor

Mullah Baradar Akhund, seorang pejabat senior Taliban, membuat pernyataan video, dalam gambar diam yang diambil dari video yang direkam di lokasi yang tidak diketahui dan dirilis pada 16 Agustus 2021. ANTARA/Media Sosial/via REUTERS/pri.

ERA.id - Kementerian Luar Negeri Norwegia mengatakan bahwa delegasi dari kelompok Taliban Afghanistan akan bertolak ke Norwegia pada Minggu untuk membahas krisis kemanusiaan.

"Pertemuan ini tidak berarti sebuah pengabsahan atau pengakuan atas Taliban. Tetapi, kami harus berbicara dengan otoritas de facto di negara tersebut," kata Menteri Luar Negeri Norwegia Anniken Huitfeldt dalam pernyataan, Jumat (21/1/2022).

"Kami tidak bisa membiarkan situasi politik berpotensi menjadi bencana kemanusiaan yang lebih parah," katanya.


Jutaan warga Afghanistan jatuh lebih jauh ke dalam kemiskinan sejak pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban tahun lalu, yang mengakibatkan program bantuan terganggu dan ketahanan pangan memburuk.

Perwakilan Taliban akan bertemu otoritas Norwegia dan diplomat lainnya dari sejumlah negara pada 24-25 Januari.

"Pertemuan antara delegasi Taliban dan warga Afganistan lainnya dari berbagai sektor juga akan digelar. Mereka mencakup pemimpin perempuan, wartawan, dan individu-individu yang bertugas untuk melindungi hak asasi manusia dan mengatasi isu kemanusiaan, ekonomi, sosial serta politik," katanya.

Tag: Taliban Norwegia

Bagikan: