Imbas Konflik Rusia-Ukraina, Federasi Kucing Internasional Larang Kucing Rusia Ikut Kompetisi

| 04 Mar 2022 12:11
Imbas Konflik Rusia-Ukraina, Federasi Kucing Internasional Larang Kucing Rusia Ikut Kompetisi
Federasi Kucing Internasional Larang Kucing Rusia Ikut Kompetisi (instagram/fifeweb)

ERA.id - Federasi Kucing Internasional yang dikenal sebagai FIFe resmi melarang kucing Rusia mengikuti ajang kompetisi. Larangan ini menjadi salah satu imbas dari invasi Rusia ke Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan resminya, FIFe mengumumkan bahwa mereka melarang kucing yang dibiakkan dari Rusia dan kucing milik peserta pameran yang tinggal di Rusia. Larangan ini berlaku selama tiga bulan ke depan, menyusul reaksi global atas perkembangan invasi Rusia ke Ukraina.

"Dewan FIFe merasa tidak bisa hanya menyaksikan kekejaman ini dan tidak melakukan apa-apa," kata perwakilan FIFe, dikutip NPR, Jumat (4/3/2022).

Mulai Selasa (1/3/2022), tidak ada kucing yang dibiakkan di Rusia yang boleh diimpor dan didaftarkan di buku silsilah FIFe mana pun di luar Rusia. Selain itu, tidak ada kucing milik peserta pameran yang tinggal di Rusia yang boleh memasuki pertunjukan FIFe di luar negeri.

Pembatasan ini berlaku hingga akhir Mei dan akan ditinjau kembali setelahnya. Mengenai alasan pelarangan tersebut, organisasi itu menggambarkan dirinya sebagai 'Persatuan Bangsa-Bangsa Federasi Kucing', yang mewakili lebih dari 100.000 anggota individu.

"Tidak ada kucing milik peserta pameran yang tinggal di Rusia yang boleh diikutsertakan di acara FIFé mana pun di luar Rusia," tegasnya.

"Nama FIFe identik dengan kualitas dan kesatuan. Ini mewakili kepentingan kucing di seluruh dunia," tambahnya.

Lalu, kata FIFe, pihaknya juga berusaha mati-matian merawat kucing-kucing dan hewan lain dari Ukraina di tengah situasi yang sulit. Mereka bekerja sama dengan para pemilik dan peternak demi keselamatan hewan-hewan di Ukraina.

"Selain itu, sesama peternak kucing Ukraina kami berusaha mati-matian untuk merawat kucing mereka dan hewan lain dalam situasi yang sulit ini," tambahnya.

Dewan FIFe mengatakan akan mendedikasikan sebagian dari anggarannya untuk mendukung peternak dan peternak kucing di Ukraina. Dikatakan hal itu akan dikonsultasikan dengan anggotanya di Ukraina dan negara-negara tetangga tentang cara terbaik untuk melakukannya.

Satu juta orang Ukraina telah melarikan diri untuk keselamatan dalam seminggu terakhir sejak Rusia pertama kali menginvasi, dan banyak dari mereka yang membawa kucing dan anjing mereka.

Anggota klub FIFe di negara-negara yang berbatasan dengan Ukraina, termasuk Polandia, Rumania, Hongaria, Slovakia, dan Moldova, "meminjamkan bantuan kepada teman-teman peternak Ukraina mereka," lanjut pernyataan itu.

FIFe pertama kali dibentuk pada tahun 1949 dan telah menyelenggarakan lebih dari 700 pertunjukan per tahun yang memamerkan lebih dari 200.000 kucing.

Rekomendasi