India Tak Sengaja Tembak Rudal ke Pakistan, Sebut Ada Kesalahan Teknis

| 13 Mar 2022 08:45
India Tak Sengaja Tembak Rudal ke Pakistan, Sebut Ada Kesalahan Teknis
Rudal india (instagram/indianarmy.adgpi)

ERA.id - India secara tidak sengaja menembakkan rudal ke Pakistan, Rabu (9/3/2022). Rudal tersebut diketahui properti sipil yang meluncur akibat adanyanya kesalahan teknis.

Kementerian Pertahanan India mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sebuah rudal ditembakkan secara tidak sengaja pada hari Rabu selama pemeliharaan rutin dan mendarat di Pakistan. Tidak ada korban jiwa akitab tembakan rudal tersebut.

"Pada 9 Maret 2022, dalam pemeliharaan rutin, kerusakan teknis menyebabkan penembakan rudal yang tidak disengaja. Pemerintah India telah mengambil pandangan serius dan memerintahkan penyelidikan tingkat tinggi atsa insiden tersebut," kata kementerian pertahanan India, dikutip WSJ, Sabtu (12/3/2022).

Para pejabat Pakistan mengatakan rudal itu tidak bersenjata dan jatuh di dekat kota timur Pakistan, Mian Channu, sekitar 500 kilometer (310 mil) dari ibu kota, Islamabad.

Angkatan udara Pakistan mengatakan rudal itu melaju dengan kecepatan 3 Mach atau tiga kali kecepatan suara pada ketinggian 12.000 m (40.000 kaki) dan terbang 124 km (77 mil) di wilayah udara Pakistan sebelum jatuh.

"Jalur penerbangan objek ini membahayakan banyak penerbangan penumpang internasional dan domestik baik di wilayah udara India dan Pakistan serta kehidupan manusia dan harta benda di darat," kata Mayjen Babar Iftikhar.

Kantor luar negeri Paksitan juga turut memanggil kuasa usaha India di Islamabad untuk mengajukan protes atas apa yang disebutnya pelanggaran tak beralasan di wilayah udaranya.

Insiden ini pun membuat Pakistan menuding India abai terhadap keselamatan penerbangan dan mencerminkan teknologi yang sangat buruk di negara mereka. Iftikhar juga menambahkan insiden itu bisa mengakibatkan bencana penerbangan besar serta menimbulkan korban sipil di darat.

India dan Pakistan memiliki sejarah konflik, dengan kedua belah pihak pernah tiga kali perang besar, serta konflik yang lebih kecil, dengan Kashmir di jantung perselisihan ini. Masing-masing pihak memegang sebagian Kashmir tetapi mengklaim seluruh wilayah itu.

India dan Pakistan berada di ambang perang baru-baru ini pada 2019, ketika India mengatakan membom fasilitas pelatihan militan di Pakistan, dan Pakistan menembak jatuh sebuah jet tempur India.

Rekomendasi