Situasi Terkini Perang Rusia Vs Ukraina: Rudal Rusia Bombardir Hanggar Perbaikan Pesawat di Lviv Ukraina

| 18 Mar 2022 19:45
Situasi Terkini Perang Rusia Vs Ukraina: Rudal Rusia Bombardir Hanggar Perbaikan Pesawat di Lviv Ukraina
Arsip - Asap mengepul dari gedung pabrik dekat bandara Lviv, saat invasi Rusia ke Ukraina berlanjut, di Lviv, Ukraina, 18 Maret 2022. (ANTARA/Reuters/Kai Pfaffenbach/as)

ERA.id - Konflik antara Rusia dan Ukraina masih berlangsung. Pada Jumat pagi ini, beberapa rudal Rusia menghantam hanggar perbaikan pesawat di kota Lviv, Ukraina barat hingga menghancurkan bangunannya.

Wali Kota Andriy Sadovy menyebut hanggar tersebut tidak difungsikan dan tidak ada korban jiwa dari serangan itu.

Sementara itu, militer Ukraina mengatakan hanggar itu dihantam oleh rudal jelajah yang diluncurkan dari arah Laut Hitam.

Jenis rudal itu kemungkinan Kh-555, kata militer, yang diluncurkan dari pengebom strategis berat.

Rudal serupa menghantam pangkalan militer Yavoriv di Ukraina barat pada Minggu.

Serangan Rusia hambat evakuasi dari wilayah Luhansk

Gubernur wilayah Luhansk timur, Ukraina, mengatakan penembakan rudal yang sering dan meluas oleh pasukan Rusia mencegah evakuasi aman warga sipil dari kota-kota dan desa-desa di garis depan.

Rusia telah membantah menyasar warga sipil sejak dimulainya invasi 24 Februari ke Ukraina, yang disebutnya "operasi militer khusus" untuk melucuti senjata dan melenyapkan pengaruh Nazi di tetangga selatannya, negara demokratis berpenduduk 44 juta orang.

Gubernur Luhansk Serhiy Gaidai mengatakan 59 warga sipil telah tewas di wilayah itu sejak dimulainya perang, yang dia bilang telah menghancurleburkan beberapa daerah permukiman.

"Tidak ada satu komunitas pun yang tidak terancam," katanya di televisi nasional, seraya menyebut kota-kota Severodonetsk, Rubizhne dan Popasna sebagai kawasan rawan tertentu.

Upaya untuk mengevakuasi warga sipil telah terhambat oleh pertempuran, tapi pihak berwenang setempat berharap gencatan senjata sementara dapat disepakati pada Sabtu sehingga memungkinkan truk mendistribusikan makanan, obat-obatan dan bantuan lainnya kepada orang-orang yang paling membutuhkan.

Berbatasan dengan Rusia, Luhansk terletak di wilayah Donbass yang kaya batu bara di Ukraina yang sebagian dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia sejak 2014. Gubernur Gaidai adalah kepala wilayah Luhansk dalam pemerintahan Ukraina.

Rekomendasi