Orang Tertua di Dunia, Kane Tanaka Meninggal Dunia di Usia 119 Tahun

| 25 Apr 2022 21:32
Orang Tertua di Dunia, Kane Tanaka Meninggal Dunia di Usia 119 Tahun
Kane Tanaka, pemegang rekor orang tertua di dunia (Dok: Kyodoo News)

ERA.id - Seorang wanita Jepang yang dinobatkan sebagai orang tertua di dunia, Kane Tanaka, dilaporkan meninggal dunia. Tanaka meninggal dunia dalam usia 119 tahun.

Kematian Kane Tanaka dikonfirmasi oleh salah seorang pejabat setempat. Tanaka dilaporkan meninggal pada 19 April 2022 dalam usia 119 tahun di sebuah rumah sakit di Jepang.  

"Saya menantikan untuk melihat Kane-san pada Hari Penghormatan untuk Orang Tua tahun ini (libur nasional pada bulan September) dan merayakan bersama dengan soda dan cokelat favoritnya. Saya sangat sedih dengan berita itu," kata Gubernur setempat Seitaro Hattori, dikutip WSJ, Senin (25/4/2022).

Kane Tanaka lahir pada 2 Januari 1903 di wilayah barat daya Fukuoka, Jepang. Dia resmi dinobatkan sebagai orang tertua di dunia yang masih hidup oleh Guinness World Records tahun 2019.

Selama tiga tahun, Tanaka berhasil mempertahankan gelar tersebut. Menurut Gerontology Research Group, orang tertua di dunia yang masih hidup adalah Lucile Randon, seorang biarawati 118 tahun yang lahir pada 11 Februari 1904.

Dalam catatan Guinness, Tanaka menikahi sepupunya yang bernama Hide Tanaka, pemilik toko kue beras pada usia 19 tahun di tahun 1922. Selama menikah, mereka memiliki empat anak dan mengadopsi satu anak.

Ketika perang antara Jepang dan China pecah tahun 1937, suami dan putra sulungnya ikut berperang sementara dia menjalankan bisnis keluarga. Menurut Kyodo News, setelah perang Kane dan Hideo memutuskan untuk memeluk agama Kristen.

Pasangan itu pergi ke Amerika Serikat untuk merayakan ulang tahun pernikahan emas mereka, menikmati kunjungan ke Disneyland.

Sebelum dilaporkan meninggal dunia, Tanaka tinggal di panti jompo dan dalam keadaan kondisi sehat. Selama di sana, dia memiliki hobi baru bermaian catur hingga memecahkan masalah matematika. Selain itu, dia juga diketahui sangat menyukai soda dan cokelat.

Rutinitas hariannya digambarkan pada saat itu termasuk bangun jam 6:00 pagi, dan sore hari dihabiskan untuk belajar matematika dan berlatih kaligrafi.

Pada tahun 2021, dia telah merencanakan untuk menggunakan kursi roda untuk mengambil bagian dalam estafet obor untuk Olimpiade Tokyo. Namun sayangnya pandemi terjadi sehingga rencana itu batal terlaksana.

Menurut Bank Dunia, Jepang memiliki populasi lansia terbanyak di dunia, dengan sekitar 28 persen berusia 65 tahun atau lebih. Sementara itu, orang tertua yang pernah hidup yang diverifikasi oleh Guinness adalah wanita Prancis Jeanne Louise Calment, yang meninggal dalam usia 122 tahun dan 164 hari pada tahun 1997.

Rekomendasi