Momen Keakraban Jokowi dan Joe Biden, Ajak Bersulang Untuk Perkuat Kemitraan ASEAN-AS

| 13 May 2022 13:43
Momen Keakraban Jokowi dan Joe Biden, Ajak Bersulang Untuk Perkuat Kemitraan ASEAN-AS
Presiden Joko Widodo dan Presiden Joe Biden (Dok. BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengajak Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan pemimpin negara-negara Asean bersulang untuk kemitraan mereka dengan Amerika Serikat.

Momen itu terjadi saat Jokowi menghadiri jamuan santap malam antara pemimpin negara-negara Asean dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden digelar di Gedung Putih, Washington DC, pada Kamis malam (12/5/2022) waktu setempat.

Dalam pernyataan pengantar toast atau sebelum bersulang, Jokowi menyebut bahwa KTT Khusus Asean-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan sehingga tercapai kemitraan strategis komprehensif.

“Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan,” ujar Presiden Jokowi.

Sekitar pukul 20.00 WS, jamuan santap malam tersebut selesai dan Presiden Jokowi meninggalkan Gedung Putih untuk kembali menuju Hotel Ritz-Carlton. Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Rekomendasi