Temui Joe Biden Pekan Depan, Jokowi Bakal Bahas Masalah Ekonomi hingga Hukum Internasional

| 09 Nov 2023 15:20
Temui Joe Biden Pekan Depan, Jokowi Bakal Bahas Masalah Ekonomi hingga Hukum Internasional
Jokowi bertemu Joe Biden (Dok: Instagram/Jokowi)

ERA.id - Presiden Joko Widodo akan melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pertemuan bilateral di Gedung Putih, 13 November 2023. Pertemuan itu akan membahas kerja sama Indonesia dan AS yang sudah terjalin selama kurang lebih 75 tahun.

Dalam pernyataan resmi Gedung Putih, Joe Biden akan menjamu langsung Jokowi selama kunjungan bilateral tersebut. Selama pertemuan itu, kedua negara akan membahas peluang kerja sama dalam transisi energi ramah lingkungan.

"Dalam kunjungan tersebut, Presiden Biden akan menegaskan kembali komitmen AS untuk memperdalam kemitraan kita yang telah berusia hampir 75 tahun antara negara demokrasi terbesar kedua dan ketiga di dunia," kata Sekreteris Pers AS, Karine Jean-Pierre dalam laman resmi White House, Kamis (9/11/2023).

Pertemuan bilateral itu juga akan membahas masalah ekonomi, perdamaian, stabilitas regional, dan lainnya.

"Para pemimpin akan menjajaki peluang untuk meningkatkan kerja sama dalam transisi energi ramah lingkungan, memajukan kesejahteraan ekonomi, memperkuat perdamaian dan stabilitas regional, serta memperkuat hubungan antar masyarakat," ujat Karine.

Lebih lanjut, Jokowi dan Biden juga akan berkoordinasi dalam memperkuat sentarlitas ASEAN serta menegakkan hukum internasional dan mendorong Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Sebelum terbang ke Amerika Serikat, Jokowi lebih dulu dijadwalkan menghadiri pertemuan dengan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Arab Saudi nanti malam.

Rekomendasi