Telepon Joe Biden Bahas Taiwan, XI Jinping: Siapa yang Bermain Api Pasti Akan Membakar Dirinya Sendiri

| 29 Jul 2022 14:12
Telepon Joe Biden Bahas Taiwan, XI Jinping: Siapa yang Bermain Api Pasti Akan Membakar Dirinya Sendiri
Presiden Joe Biden dan Presiden XI Jinping saat melakukan panggilan video (Dok Youtube The White House)

ERA.id - Presiden China Xi Jinping melakukan komunikasi melalui sambungan telepon dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Kamis (28/7/2022).

Komunikasi tersebut dikutip dari Sputniknews, berkaitan dengan rencana kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Dalam percakapan tersebut, Presiden China Xi Jinping mengingatkan Joe Biden bahwa kebijakan AS terkait Taiwan sangat berbahaya dan bisa menyerang balik Negara Paman Sam.

"Orang yang bermain api pasti akan membakar dirinya sendiri," jelas Xi Jinping dikutip dari China Central Television (CCTV).

Kedua kepala negara tersebut melakukan percapakan selama 2,5 jam terkait dengan hubungan AS-China dan juga Taiwan.

Sementara itu, dalam pernyataan pada Kamis, Biden menegaskan jika kebijakan AS tak berubah dan mengecam terkait dengan kebijakan sepihak yang bisa mempengaruhi stabilitas dan perdamaian di kawasan Selat Taiwan.

Untuk diketahui, berita kunjungan Pelosi pada Agustus muncul setelah China meminta Amerika Serikat pada Hari Senin, untuk segera membatalkan potensi penjualan bantuan teknis militer ke Taiwan senilai sekitar 108 juta dolar.

Kunjungan pemimpin Partai Demokrat ke Taiwan telah ditunda sejak April lalu, setelah dia dinyatakan positif COVID-19. Pada saat itu, China mengatakan kunjungan semacam itu akan sangat mempengaruhi China-AS. hubungan.

Rekomendasi