Jenis Ramen Paling Populer di Jepang, Pecinta Mie Wajib Cobain

| 07 Jun 2023 20:08
Jenis Ramen Paling Populer di Jepang, Pecinta Mie Wajib Cobain
Jenis ramen paling populer (unsplash)

ERA.id - Di antara beragam variasi ramen yang ada, terdapat beberapa jenis ramen paling populer yang telah memikat lidah banyak orang dan menjadi favorit sejati.

Ramen, hidangan mie yang lezat dan mengenyangkan, telah menjadi fenomena kuliner global. Dari jalanan Jepang hingga restoran-restoran mewah di berbagai belahan dunia, ramen telah mencuri perhatian pecinta makanan dengan keunikan dan kelezatannya.

Dalam artikel ini, kami akan mengupas tuntas tentang jenis ramen paling populer yang tidak boleh Anda lewatkan. Apakah Anda siap untuk merasakan kenikmatan sejati dari jenis ramen yang paling populer? Mari kita mulai petualangan kuliner kita bersama-sama!

  1. Shoyu

Shoyu adalah kata dalam bahasa Jepang yang berarti saus kedelai, dan ramen gaya ringan ini - yang bisa berwarna coklat terang atau lebih gelap dan keruh - diberi rasa dengan saus kedelai tersebut.

Shoyu adalah jenis ramen yang paling umum ditemukan dan diciptakan pada tahun 1910 di sebuah restoran ramen bernama Rairaiken di lingkungan Asakusa di Tokyo. Meskipun saus kedelai mungkin terdengar seperti bahan sehari-hari, para koki yang menyajikan shoyu ramen tidak menggunakan jenis saus kedelai yang biasa ada di rumah.

Sebaliknya, para koki membuat tare, atau saus dasar, menggunakan campuran rahasia bahan seperti makanan laut kering, jamur kering, dan rempah-rempah. Tare ini sering dicampur dengan kaldu ayam sebagai dasar.

  1. Shio

Ramen shio (atau garam) sering kali dibuat dengan dasar kaldu ayam, tetapi juga dapat menggunakan daging babi atau makanan laut. Ramen ini memiliki taste yang ringan, rasa yang lebih ringan, rendah lemak, dan rendah minyak, seringkali tampak jernih, dan memiliki rasa yang paling asin di antara jenis ramen lainnya.

  1. Miso

    ramen miso diberi rasa dengan pasta kedelai fermentasi (unsplash)

Sesuai dengan namanya, ramen miso dibuat dengan pasta kedelai fermentasi yang juga disebut miso, yang bisa terbuat dari kedelai, beras, atau miso, dan memiliki warna putih atau merah. Gaya ramen yang kaya akan rasa umami ini lebih kental dan kompleks, berasal dari prefektur Hokkaido di Jepang, tetapi sejak itu menyebar ke seluruh negeri.

  1. Tonkotsu

Tonkotsu adalah salah satu jenis ramen yang paling kaya, lahir di prefektur Fukuoka di pulau Kyushu, dan kemudian menyebar ke seluruh Jepang, dengan setiap prefektur, dan kadang-kadang bahkan kota-kota tertentu, menciptakan gaya ramen mereka sendiri.

Tonkotsu adalah ramen kental, krimi, dan kompleks yang terbuat dari tulang babi yang direbus. Tulang-tulang itu hancur dan melepaskan kolagen saat dimasak, sehingga tonkotsu bisa sangat kental. Para ahli tonkotsu sering memperkaya kaldu mereka yang sudah kaya dengan lemak daging babi atau ayam.

Selain jenis ramen paling populer, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi