Manfaat Silica Gel untuk Makanan, Simak Informasi Ini!

| 18 Oct 2023 23:05
Manfaat Silica Gel untuk Makanan, Simak Informasi Ini!
Paket silica gel (Twitter)

ERA.id - Karena mempunyai struktur mikropori yang besar, silica gel mampu menyerap dan menyimpan kelembapan secara efektif. Oleh karena itu, silica gel sering dimanfaatkan dalam kemasan produk untuk melindungi dari kerusakan. Dalam artikel ini akan dijelaskan manfaat silica gel untuk makanan.

Silica gel dapat menjaga kualitas dan membuat masa simpan makanan lebih lama. Umur simpan makanan dengan silica gel tentunya bergantung pada beberapa faktor misalnya jenis makanan, kondisi penyimpanan, cara pengemasan, dan jumlah silica gel yang digunakan.

Ilustrasi silica gel (multifacetedgirl /Pixabay)

Di bawah ini adalah manfaat silica gel untuk makanan:

Manfaat Silica Gel untuk Makanan

Silica gel bermanfaat untuk membantu menjaga kualitas dan kesegaran makanan dengan cara menyerap kelembapan pada kemasan agar makanan tetap kering dan segar. Simak beberapa manfaat silica gel untuk makanan:

Meminimalisir kerusakan yang disebabkan kelembapan

Seperti yang telah disebutkan, manfaat silica gel untuk makanan yaitu untuk menyerap kelembapan yang terkandung di dalam kemasan makanan, dengan demikian, makanan akan terjaga dan tetap kering. Selain itu, silica gel juga mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang umumnya diakibatkan kondisi lembap.

Menghalau pertumbuhan mikroba

Kelembapan tentunya dapat memicu pertumbuhan mikroba pada makanan sebagai penyebab pembusukan dan penurunan kualitas makanan. Menyerap kelembapan pada kemasan juga termasuk manfaat dari silica gel untuk makanan yang memungkinkan dalam mencegah pertumbuhan mikroba sehingga makanan tetap awet dan fresh.

Mencegah adanya oksidasi

Memberikan silica gel pada kemasan dengan jenis makanan misalnya kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung minyak, dapat mencegah rasa tengik pada makanan karena oksidasi yang berasal dari makanan terpapar oksigen.

Menghindari penggumpalan

Kandungan air yang berlebih dalam makanan akan menimbulkan penggumpalan, contohnya pada gula, tepung, dan racikan bumbu. Dengan menyertakan silica gel, maka makanan akan tetap kering sehingga terhindar dari penggumpalan.

Mempertahankan rasa dan tekstur makanan

Kelembapan juga sangat berpengaruh terhadap rasa dan tekstur pada makanan, terutama makanan dengan olahan yang dibuat renyah, contohnya keripik, biskuit, dan kerupuk. Keahliannya dalam menyerap kelembapan udara pada kemasan mampu membuat cita rasa dan tekstur makanan tetap terasa optimal.

Meningkatkan kualitas makanan

Makanan yang terpapar kelembapan dapat mengalami perubahan aroma, tekstur, dan rasa. Silica gel membantu mencegah kerusakan akibat kelembapan, sebab dapat menjaga kualitas makanan agar rasa, tektur, dan aroma dapat tetap sama seperti aslinya.

Mengurangi pemborosan makanan

Manfaat silica gel untuk makanan sebelumnya yaitu dengan memperpanjang masa simpan, oleh karena itu makanan dapat dikonsumsi dalam waktu lebih lama sehingga membantu menghemat biaya dan mengurangi pemborosan makanan dengan alasan basi atau kadaluwarsa.

Menjaga keselamatan makanan

Kemasan makanan yang di dalamnya terdapat silica gel dapat membantu menjaga kualitas makanan, mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat menimbulkan racun pada makanan. Dengan demikian, silica gel yang terdapat pada kemasan meningkatkan keselamatan dan kualitas makanan.

Memperpanjang masa simpan makanan

Silica gel yang mengontrol kelembapan dalam kemasan makanan mampu menjaga kelembapan agar tetap normal sehingga makanan dapat Anda simpan lebih lama dan tetap segar.

Mencegah korosi

Kemasan makanan yang memiliki bahan dasar logam akan lebih berisiko mengalami korosi akibat kelembapan. Silica gel yang membantu menyerap kelembapan pada kemasan memiliki peran untuk mencegah terjadinya korosi pada permukaan kemasan makanan yang memiliki bahan dasar logam.

Demikianlah ulasan tentang manfaat silica gel untuk makanan, semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi