Fungsi Silica Gel untuk Barang-Barang Kesayangan Anda

| 30 Oct 2022 08:28
Fungsi Silica Gel untuk Barang-Barang Kesayangan Anda
Paket silica gel (Twitter)

ERA.id - Pastinya kita semua tidak asing lagi dengan silica gel yang biasa ditemukan di tas baru, kotak sepatu, dan gadget lainnya. Lantas apa fungsi silica gel sebenarnya? Mari kita temukan jawabannya dalam artikel ini.

Silika ada di dalam berbagai kemasan produk karena suatu alasan. Silika adalah pengering yang berarti bahwa itu adalah zat pengering yang menyerap kelembaban dari sekitarnya.

Meskipun terdapat sebuah instruksi pada paket silica gel untuk segera membuangnya, namun Anda dapat menggunakannya untuk keperluan lain yang sangat berguna di rumah.

Meskipun demikian, tetap berhati-hati untuk menjauhkan silica gel dari jangkauan anak-anak. Apa saja kegunaan silica gel?

Fungsi Silica Gel di Rumah Anda

  1. Menyelamatkan ponsel basah

Menggunakan silika adalah cara terbaik untuk menyedot kelembaban dari ponsel yang basah. Cukup oleskan air dengan bantuan kain lembut dan pisahkan baterai ponsel. Kemudian simpan ponsel dan baterai di dalam sebuah wadah dan masukkan paket silica gel silikon ke dalamnya. Biarkan semalaman dan nyalakan ponsel keesokan paginya.

  1. Merawat Pisau Cukur

    Simpan pisau cukur Anda dengan silica gel (Unsplash)

Silica gel juga dapat digunakan untuk merawat pisau cukur. Caranya simpan semua pisau cukur Anda ke dalam toples dan masukkan paket gel silikon ke dalamnya. Mungkin Anda akan terkejut mengetahui bahwa bilahnya tidak akan pernah ternoda dan akan awet dalam waktu yang lama.

  1. Cegah peralatan makan Anda agar tidak ternoda

Karena adanya kelembaban di lingkungan, peralatan perak mudah ternoda. Anda dapat dengan mudah mencegah hal tersebut dengan menggunakan paket gel silikon kecil ini.

  1. Menjaga agar toples kopi Anda tidak lembab

Hal ini adalah masalah paling umum yang dihadapi dalam kehidupan kita sehari-hari. Toples kopi favorit yang menangkap kelembaban dari lingkungan setiap kali Anda membukanya.

Tenang, karena dengan silica gel maka semuanya beres. Kami memiliki trik sulap untuk diikuti. Caranya, tempelkan paket gel silikon di dalam tutup toples kopi. Cara ini akan menyerap kelembaban dari kopi dan menjaga bubuk selalu siap dikonsumsi.

  1. Melindungi sepatu kulit Anda dari kelembaban

    Silica gel dapat membuat sepatu suede Anda awet (Unsplash)

Kelembaban sangat merusak sepatu kulit dan itulah alasan Anda harus memasukkan bungkusan kecil silica gel ke dalam kotak sepatu saat Anda membelinya. Bungkus silikon gel akan menjaga kelembaban dan menjaga kulit Anda untuk waktu yang lama.

  1. Mencegah kaca depan mobil Anda dari kemacetan kelembaban

Masalah umum selama musim hujan dan musim dingin adalah kabut di kaca depan mobil, masalahnya hanya karena kelembaban yang ada di dalam mobil. Maka dari itu, mari singkirkan masalah ini dengan menempatkan beberapa paket gel silikon di dasbor (lebih dekat ke kaca depan) dan saksikan keajaibannya.

  1. Penting untuk tas olahraga Anda

Biasanya di dalam tas olahraga Anda akan menyimpan handuk, sepatu, dan kaus kaki. Barang-barang tersebut tentu berkeringat dan baunya meresap lama di dalam tas. Atasi masalah ini dengan menempatkan beberapa paket silikon di dalam tas, dan akan menyedot semua kelembaban yang dihasilkan oleh keringat dan juga baunya.

Selain fungsi silica gel, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi