5 Makanan Korea yang Cocok Dinikmati saat Berbuka Puasa

| 14 Mar 2024 07:15
5 Makanan Korea yang Cocok Dinikmati saat Berbuka Puasa
Ilustrasi kimchi (Foto: Freepik/jcomp)

ERA.id - Kuliner khas Korea Selatan mempunyai sajian yang beragam. Terlebih lagi, rasa masakan Korea masih cocok dengan lidah kita orang Indonesia. 

Jika bosan dengan sajian berbuka puasa yang itu-itu saja, tak ada salahnya untuk mencicipi berbagai makanan Korea yang lagi hits. 

Dilansir dari 5 makanan Korea yang cocok jadi menu buka puasa, dijamin enak serta menggiurkan.

1. Odeng

Odeng merupakan olahan daging ikan yang dimasak dengan kuah kaldu khas Korea.

Bentuknya mirip seperti sate usus ayam Indonesia yang dililit pada sebuah tusuk sate. Odeng sering dijajakan sebagai makanan kaki lima di Korea. 

2. Kimchi Jiggae

Belum pas rasanya berbuka puasa tanpa Kimchi Jiggae. Kalau makan kimchi saja untuk buka puasa akan terasa sangat asam. Jadi, kita bisa makan sup kimchi jiggae yang ramah untuk lambung. Sup yang mempunyai bahan utama kimchi dan ditambah dengan potongan tahu putih memiliki cita rasa pedas dan asam yang bisa memuaskan.

3. Tteokguk

Tteokguk merupakan sup kue beras. Bahan-bahan yang digunakan adalah tteok (kue beras Korea), serta kaldu sapi. Nantinya, tteok yang berbentuk silinder panjang akan dipotong menyerong kecil-kecil dan dimasak dalam kuah kaldu sapi yang lezat.

4. Bulgogi

Bulgogi mirip dengan bistik sapi. Bedanya, menu rumahan Korea ini menggunakan irisan daging yang sangat tipis dan beberapa darinya juga mencampurkan dengan mie. Bumbu utama yang dipakai adalah kecap asin dan gula. Lalu sisanya menggunakan rempah lain sesuai selera.

5. Samgyetang 

Makanan tradisional khas Korea ini menggunakan satu ekor ayam utuh tanpa dipotong dalam air rebusan kaldu.

Hidangan ini adalah sup ayam yang direbus dengan campuran gingseng dan berbagai rempah. Dengan mengonsumsi samgyetang, tubuhmu akan terasa lebih hangat dan makanan ini baik untuk kesehatan. 

Rekomendasi