Mengenal Kopi Daun Bawang yang Jadi Tren di China

| 09 May 2024 18:10
Mengenal Kopi Daun Bawang yang Jadi Tren di China
Minuman kopi daun bawang (TikTok/ @Mustsharenews)

ERA.id - Kopi unik yakni dengan campuran daun bawang tengah menjadi tren di China saat ini. Kopi ini disebut dengan spring onion latte atau scallion latte, dengan daun bawang yang dipotong-potong kecil dan dimasukkan ke dalam gelas berisi kopi. 

Kopi ini menuai perdebatan akan dampak daun bawang terhadap kopi. Pasalnya daun bawang terkenal akan rasanya yang tajam dan baunya yang kuat. 

Dilansir dari MS News, perpaduan yang tak biasa ini menjadi bagian dari tren dari cuisine (secara harfiah artinya masakan gelap) di China. Dark cuisine merupakan makanan yang menguji kepekaan seseorang. 

Makanan yang termasuk dark cuisine terdiri dari kombinasi makanan yang aneh. Ini juga menantang gagasan konvensional tentang apa yang dianggap sebagai makanan menarik. 

Dilansir dari akun TikTok @Mustsharenews, spring onion latte dibuat dengan menaruh potongan daun bawang ke dasar gelas, lalu ditekan-tekan. Kemudian tambahkan es batu, susu, dan kopi. 

Selanjutnya taburan daun bawang cincang ditata di atasnya, untuk dijadikan sebagai topping. Namun, ada juga yang membuat minuman ini hanya dengan potongan daun bawang sebagai topping. 

Menariknya, beberapa influencer kuliner menemukan sejumlah gerai yang menjual scallion latte ini di Tanah Air. Tertarik mencoba?

Rekomendasi