Mengusir Kecoa di Lemari Pakaian, Begini Caranya

| 14 Oct 2023 07:15
Mengusir Kecoa di Lemari Pakaian, Begini Caranya
Ilustrasi Kecoa (iStock)

ERA.idKecoa merupakan salah satu hewan menjijikan dan membawa bakteri yang menimbulkan penyakit. Bahkan, keberadaan kecoa di dalam lemari pakaian juga dapat membuat baju-baju Anda menjadi bau. Dalam artikel ini akan dibahas cara mengusir kecoa di lemari pakaian.

Kecoa bisa menggerogoti makanan, merusak lapisan kertas dinding, buku, dan juga barang elektronik. Jenis serangga ini akan mengotori makanan, perabotan rumah tangga, dan tentunya mengganggu aktivitas keseharian Anda.

Selain itu, kecoa juga dapat tinggal serta berkembang biak di dalam lemari pakaian dan meninggalkan bau tak sedap. Sehingga, baju-baju di dalam lemari Anda ikut terkena imbasnya.

Ilustrasi kecoa (Pixabay)

Melansir berbagai sumber, berikut beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai cara mengusir kecoa di lemari pakaian:

Daun salam

Cara mengusir kecoa di dalam lemari pakaian dapat menggunakan daun salam. Sebab, kecoa tidak senang dengan wangi daun salam. Anda bisa menghancurkan beberapa lembar daun salam, dan selanjutnya taburkan di sudut-sudut dalam lemari.

Selain dihancurkan, cara mengusir kecoa di rumah secara alami juga bisa dengan merebus daun salam. Rebus beberapa lembar daun salam, dan selanjutnya semprotkan air rebusan ke daerah datangnya kecoa.

Bawang putih

Cara ampuh mengusir kecoa berikutnya yaitu dengan menggunakan bawang putih. Sebab, kecoa tak menyukai bau menyengat dari bawang putih.

Ambil beberapa siung bawang putih, kemudian hancurkan dan tabur di daerah yang kerap didatangi kecoa, termasuk di dalam lemari.

Soda kue

Mengusir kecoa juga dapat dilakukan dengan menggunakan soda kue atau baking soda. Caranya, iris tipis bawang bombay, lalu taburi soda kue.

Selanjutnya, letakkan bawang bombay di piring sebagai umpan untuk kecoa. Saat kecoa mengonsumsi bawang bombay tersebut, mereka akan menelan gas yang terkandung dalam soda kue, sebelum mati.

Kopi

Kecoa ternyata tidak senang dengan aroma asam dari ampas kopi. Nah, jika Anda sudah selesai ngopi, jangan buang ampasnya. Jemur ampas kopi hingga kering, kemudian taburkan di daerah datangnya kecoa. Selain ampas, Anda juga dapat menggunakan bubuk kopi baru yang belum diseduh.

Cara mengusir kecoa dengan kopi dapat digunakan di kamar tidur karena bau kopi tidak akan mengganggu Anda. Hal ini juga dapat dijadikan cara menghilangkan kecoa di mobil.

Daun catnip

Kecoa tidak menyukai aroma daun catnip. Catnip merupakan tanaman mint yang berpotensi sebagai bioinsektisida untuk membasmi serangga maupun kecoa.

Ini karena daun catnip mengandung senyawa nepatalactone yang bersifat racun terhadap kecoa. Caranya, tinggal rebus daun catnip di air. Kemudian, semprotkan air rebus catnip ke daerah datangnya kecoa.

Minyak aromaterapi

Cara mengusir kecoa di dalam lemari pakaian selanjutnya dengan minyak aromaterapi, misalnya yang berbau peppermint. Aroma ini menenangkan manusia, namun justru tak disenangi oleh kecoa.

Anda dapat menggunakan minyak aromaterapi sebagai cara mengusir kecoa di kamar tidur secara alami. Sebab, tak akan mengganggu sirkulasi udara Anda saat tidur.

Caranya, bisa menggunakan humidifier maupun menyemprotkan campuran air dan minyak aromaterapi di sudut-sudut datangnya kecoa.

Demikianlah beberapa cara mengusir kecoa di lemari pakaian, semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi