Tips Memasak Nastar yang Nikmat dan Empuk untuk Kue Lebaran

| 27 Apr 2021 21:36
Tips Memasak Nastar yang Nikmat dan Empuk untuk Kue Lebaran
Kue nastar (Instagram/ @serbaserbibaking)

ERA.id - Nastar merupakan salah satu kue yang selalu ada dan menjadi hidangan wajib saat lebaran tiba. Kue yang satu ini begitu digemari karena rasanya yang gurih dan dipadukan dengan selai nanas yang nikmat. 

Meski sudah begitu familiar dan disukai oleh banyak orang, nyatanya untuk membuat kue nastar tidak gampang lho. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan secara detail agar menghasilkan kue nastar yang empuk dan nikmat.

Inilah beberapa tips yang bisa diterapkan saat masak nastar supaya tidak gagal, yang dilansir dari Pondan.com.

1. Gunakan mentega yang berkualitas

Dalam membuat kue nastar usahakan untuk selalu menggunakan mentega yang berkualitas. Ini harus dilakukan karena mentega berperan besar terhadap tekstur dan rasa dari nastar. Dengan menggunakan mentega yang berkualitas akan membuat rasa nastar lebih nikmat dan dijamin bikin ketagihan deh.

2. Buat selai nanas sendiri

Selai nanas (pixabay/ handmadepictures)

Untuk mendapatkan rasa nastar yang nikmat, buatlah sendiri selai nanas yang digunakan sebagai isiannya. Dengan selai nanas buatan sendiri, rasa nastar akan terjamin lebih nikmat dan bisa dibuat sesuai dengan selera.

Hindari penggunaan selai kemasan karena selai tersebut cenderung lebih encer dan lebih manis. Selai yang encer akan membuat adonan sulit untuk dibentuk dan bahkan merusak adonan yang sudah dibuat. 

3. Jangan aduk adonan terlalu lama

Ketika membuat adonan kue, jangan mengaduk adonan terlalu lama. Adukan yang terlalu lama bisa membuat mentega menjadi sangat cair dan membuat adonan tidak bagus. Selain itu, mengaduk adonan terlalu lama juga akan membuatnya keras dan bakal susah untuk dibentuk.

Adonan (pixabay/ pexels)

4. Dinginkan adonan yang sudah dibentuk

Sebelum dipanggang, adonan nastar yang sudah dibentuk masukkan terlebih dahulu ke dalam kulkas untuk didinginkan sementara waktu. Hal ini harus dilakukan karena jika adonan yang dibiarkan di suhu ruangan akan mengembang secara melebar, dan akan membuat bentuk nastar tak karuan. Waktu mendinginkan nastar maksimal 1 jam sebelum dipanggang. 

Nah, itulah beberapa tips untuk membuat nastar yang empuk dan nikmat. Selamat mencoba, ya.

Rekomendasi