Tak Banyak yang Tahu, Arti dan Singkatan Nasi Rames, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

Tim Editor

Ilustrasi

ERA.id - Siapa yang tak kenal dengan nasi rames? hidangan khas masyarakat Indonesia ini menjadi hidangan favorit dan mudah ditemukan di mana-mana. Lalu, apa sebenarnya arti dan singkatan dari nasi rames?

Mungkin belum banyak yang tahu arti dan singkatan dari nasi rames. Tak ada sejarah yang jelas tentang asal usul nasi rames. Namun, hidangan nasi tersebut diduga berasal dari tanah Jawa.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, kemungkinan besar nasi rames muncul sejak zaman penjajahan Belanda. Selain itu, menu nasi rames juga tidak memiliki padanan sayur dan lauk yang baku dan wajib.


Tidak seperti menu lainnya yang dipadukan dengan lauk tertentu agar cita rasanya istimewa. Nasi rames bebas dipadukan dengan aneka sayur dan lauk apa pun sesuai selera. Persis seperti memilih makanan sesukanya di warteg.

Ada yang bilang kata “rames” itu berasal dari singkatan dua kata “ora mesti”, yang artinya, tidak selalu, tidak pasti, tidak harus. Jadi kalau diartikan, kira-kira, nasi rames itu adalah nasi yang lauk dan sayur. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nasi rames berarti Nasi dengan berbagai lauk-pauk.

Apa saja sayur dan lauk nasi rames?

Tiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas menu nasi rames yang berbeda-beda. Misalnya, nasi khas Bali dikenal dengan cita rasa rempah dan super pedas. Sedangkan nasi khas Jawa Barat identik dengan cita rasa yang gurih dan aneka lalapan sebagai pelengkap.

Menu nasi rames boleh menjadi pilihan yang disantap hampir setiap hari. Karena variasi sayur dan lauk pelengkapnya sangat beraneka ragam sehingga dapat mencukupi kebutuhan gizi harian Anda. Nasi rames bebas dipadukan dengan aneka sayur dan lauk apa pun sesuai selera. Persis seperti memilih makanan sesukanya di warteg.



Tag: nasi rames kepanjangan kepajangan nasi rames

Bagikan: