Jarang Diketahui, Kata Ngabuburit Ternyata Singkatan, Inilah Arti Sebenarnya

Tim Editor

Warga Jakarta tampak sangat antusias ngabuburit sembari mencari kue kering jelang Lebaran (ERA.id)

ERA.id - Demi menunggu buka puasa, biasanya orang Indonesia mencari kesibukan lain seperti berburu takjil atau yang menyenangkan mereka. Sikap itu kemudian disebut ngabuburit.

Karena sering mendengar kata ngabuburit terucap, orang lain yang tidak tahu artinya pun, ikut menyebarkan kata ini walau cuma mengerti konteks tanpa tahu asal usul dan arti kalimat ngabuburit yang sebenarnya.

Lantas apa arti ngabuburit dan asal-usulnya? Ngabuburit bukanlah bahasa Indonesia. Tak ada kata itu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Ngabuburit diketahui berasal dari bahasa Sunda. 

Berdasarkan Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS), kata ngabuburit adalah singkatan dari kepanjangan kalimat "ngalantung ngadagoan burit".

Arti kalimat "ngalantung ngadagoan burit" artinya bersantai sambil menunggu waktu sore. Sebab, ngabuburit memiliki kata dasar "burit" yang memiliki arti sore hari.

Seiring berjalannya waktu, kalimat tersebut lalu dipakai untuk menyebut kegiatan yang dilakukan pada sore hari untuk menunggu waktu berbuka puasa. 

Nah, bagaimana jika di daerahmu? Apakah ada bahasa daerahmu yang bisa mengganti kata "ngabuburit"? Ambil misal kata "malengah puaso" yang berasal dari bahasa Minang yang memiliki arti kegiatan untuk mengalihkan rasa haus dan lapar karena berpuasa.

Tag: yang unik Ngabuburit arti ngabuburit kepanjangan ngabuburit

Bagikan: