5 Peralatan Memasak yang Wajib Ada di Dapur, Anak Kosan Wajib Punya..

| 18 Sep 2021 10:40
5 Peralatan Memasak yang Wajib Ada di Dapur, Anak Kosan Wajib Punya..
Ilustrasi dapur (Wikimedia Commons)

ERA.id - Memasak adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan di rumah. Apalagi bagi anak kosan, aktivitas ini tentunya bisa menghemat pengeluaran.

Pasalnya bukan saja menjadi kegiatan killing time yang asyik, atau ajang mencoba kreasi baru. Tapi juga menjadi kesempatan untuk mengasah kemampuan memasak lebih lagi, terutama untuk newbie yang menekuninya sebagai hobi baru saat ini.

Apapun alasannya, Anda membutuhkan berbagai peralatan memasak yang tepat untuk mendukung aktivitas ini.

Dengan menggunakan alat dapur yang tepat, maka hasil masakan akan lebih nikmat loh! Nah dari sekian banyak alat masak yang ada, beberapa di antaranya wajib Anda punya.

Buat para newbie atau orang yang suka memasak, pastikan memiliki perangkat wajib di bawah ini:

Kompor

Alat memasak utama yang harus Anda miliki adalah kompor. Bayangkan bagaimana caranya memasak jenis makanan tanpa pemanas.

Saat ini sudah terdapat berbagai jenis kompor yang tersedia di pasaran, seperti kompor satu tungku, kompor dua tungku, kompor tanam, hingga yang menggunakan listrik.

Setiap jenisnya hadir dengan harga yang berbeda, dan memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. Jadi cukup sesuaikan dengan kebutuhan Anda  saat memasak di dapur.

Wajan

Menjadi di salah satu alat memasak yang wajib Anda  punya, karena dapat membuat aktivitas memasak lebih nyaman.

Dengan satu alat, Anda bisa menumis makanan menggoreng hingga memanggang. Tapi tentunya dengan catatan, kalau tidak semua produk memiliki ragam fungsi yang sama.

Alat masak yang dirancang dengan bagian bawah yang rata dan sisi melengkung menjadikannya sebagai pilihan sempurna saat ingin membalikkan makanan atau merendam makanan dalam minyak.

Panci

Tidak semua panci memiliki kegunaan yang sama, sehingga perlu pengetahuan lebih untuk mengetahui fungsi panci yang beragam.

Misalnya panci presto, peralatan masak yang memiliki bagian bawah yang datar serta dinding yang cukup tinggi.

Berguna untuk membuat makanan lebih cepat matang tanpa mengurangi kandungan gizi yang ada. Umumnya digunakan untuk memasak daging atau ikan agar lebih cepat matang dan empuk.

Ada juga jenis panci pada umumnya dapat difungsikan untuk memasak air dan sayur berkuah. Dari keduanya, harga panci presto relatif lebih mahal, karena memiliki fungsi yang beragam.

Frying pan

Masuk dalam salah satu jenis wajan yang memiliki fungsi untuk menumis atau menggoreng dengan sedikit minyak. Di samping itu, dengan alat ini Anda  bisa juga bisa memanggang aneka makanan dengan mudah.

Karena fungsi inilah bentuk peralatan masak ini memiliki bentuk agak datar, untuk memudahkan proses membolak balikan makanan.

Bicara ukurannya frying pan tersedia dalam berbagai ukuran, yang dapat disesuaikan dengan porsi makanan yang terbiasa dibuat dalam keseharian.

Oven

Peralatan berikutnya yang harus Anda punya adalah oven. Alat yang dapat digunakan sebagai pemanas, pemanggang, atau mengeringkan suatu bahan dengan cepat.

Tak hanya itu Anda  juga bisa menggunakan oven untuk membuat kue, serta aneka hidangan makanan yang membutuhkan proses pemanggangan. Dengan hadirnya oven kini memasak akan jauh lebih mudah dan lebih cepat.

Sebagai pengingat setiap jenis oven memiliki kapasitas dan daya listrik yang berbeda, sehingga pastikan untuk memiliki perencanaan sebelum membelinya. Apalagi jika mengingat harga oven yang relatif tinggi.

Namun jangan khawatir, karena Anda  bisa menyesuaikan harga produk yang pas dengan budget Anda tentunya. Apalagi di ACE online terdapat ragam produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Rekomendasi