Tips Membuat Dapur Bersih Mengkilap, Yuk Simak!

| 25 Apr 2024 20:58
Tips Membuat Dapur Bersih Mengkilap, Yuk Simak!
ILUSTRASI dapur. (Pixabay)

ERA.id - Dapur menjadi salah satu ruangan di rumah yang paling cepat kotor akibat aktivitas memasak atau makan. Dapur yang kotor tidak hanya mengurangi nilai estetika, tetapi juga akan memengaruhi kesehatan dan produktivitas Anda, loh!

Itulah mengapa tidak heran jika banyak individu yang menjadi malas jika melihat dapur sudah kotor dan berantakan. Selera makan bisa berkurang hingga berujung pada penyakit.

Guna menghindari hal tersebut, artikel berikut akan menyajikan beberapa tips membuat dapur bersih mengkilap agar ruangan tetap indah, bersih, dan sehat. Lantas, bagaimana caranya? Mari simak penjelasan lebih lengkapnya pada artikel di bawah ini!

Tips Membuat Dapur Bersih

Tips di bawah ini bisa dilakukan sebagai cara membersihkan dapur harian. Jadi, Anda tetap akan produktif dalam memasak dan merapikan dapur agar lebih bersih dan nyaman saat digunakan. Mari simak tipsnya pada penjelasan di bawah ini:

1. Langsung Bersihkan Peralatan Dapur Setelah Selesai Digunakan

Tips pertama dalam prosedur membersihkan dapur adalah membersihkan peralatan dapur setelah selesai digunakan. Kesalahan umum yang paling banyak dilakukan adalah membiarkan peralatan begitu saja di tempat cuci piring atau tempat lainnya.

Padahal, peralatan dapur yang sudah digunakan pastinya mengandung banyak kotoran akibat aktivitas memasak. Kotoran tersebut berupa minyak kotor, sisa makanan, dan sejenisnya. Jika kotoran tersebut dibiarkan terlalu lama tanpa langsung dibersihkan, dikhawatirkan kotoran akan menempel dan berkerak hingga sulit dibersihkan menggunakan pembersih sekali pun.

Maka dari itu, Anda disarakan untuk langsung membersihkan peralatan dapur segera setelah selesai digunakan, ya. Selain untuk mencegah kotoran menempel, langkah ini juga berfungsi untuk menghindari kotoran atau bakteri mengontaminasi kulit Anda. Tidak hanya itu saja, kerak yang menempel terlalu lama juga akan membuat kualitas peralatan dapur menjadi menurun dan tidak maksimal lagi ketika akan dipakai.

2. Lap Noda Setelah Memasak

Aktivitas memasak kerapkali menghasilkan noda seperti cipratan minyak, kotoran akibat aktivitas memotong bahan dapur, dan masih banyak lagi. Nah, jika dibiarkan begitu saja tanpa langsung dibersihkan, noda-noda tersebut akan cepat menempel dan menjadi kerak.

Pada akhirnya, Anda akan lebih sulit membersihkannya ketika sudah dibiarkan terlalu lama. Oleh karena itu, Anda perlu segera membersihkan noda minyak membandel di dapur dan noda lainnya sebelum berkerak dan sulit dibersihkan.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan noda minyak membandel di dapur. Dikutip dari halaman LOTTE MART Smartalog, salah satu cara ampuh untuk membersihkan noda minyak membandel di dapur adalah dengan mencampurkan baking soda dan lemon dengan perbandingan 1:4. Kemudian tuangkan atau semprotkan larutan cairan tersebut ke noda minyak yang ingin dibersihkan.

3. Buang Sampah Dapur secara Rutin

Salah satu ciri dapur bersih adalah dapur yang tidak berbau akibat sampah menumpuk. Sampah dapur menjadi penyumbang bakteri jahat terbesar karena di dalamnya terdapat sampah basah yang mudah membusuk.

Pembusukan sampah ini akan menghasilkan bakteri dan jamur yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Anda berpotensi terkena diare, tifus, hingga penyakit akibat jamur lainnya.

Hal tersebut bisa terjadi akibat penumpukan sampah yang tidak langsung dibuang. Sampah akan mengeluarkan aroma tidak sedap dari produk yang membusuk. Jika dibiarkan terus-menerus, makanan atau bahan makanan yang ada di dapur bisa terkontaminasi melalui udara sekali pun Anda sudah menyimpannya dalam wadah tertutup.

4. Gunakan Wadah untuk Menyimpan Bahan-Bahan Dapur

Langkah-langkah membersihkan dapur berikutnya adalah selalu gunakan wadah untuk menyimpan bahan dapur atau makanan lainnya, ya. Bahan dapur yang langsung diletakkan di meja, rak, atau alas lainnya akan mengurangi estetika dapur.

Tidak hanya keindahannya, bahan yang diletakkan begitu saja bisa cepat mengotori lingkungan sekitarnya. Terlebih jika Anda tidak mencuci bahan tersebut terlebih dahulu. Kotoran dari luar seperti pasar atau supermarket akan menodai meja dapur sehingga kurang kayak untuk digunakan sebagai tempat makan atau melakukan aktivitas memasak.

5. Rapikan Peralatan Dapur Setelah Digunakan

Selama memasak dan setelah selesai beraktivitas, Anda mungkin akan lelah untuk merapikan kembali peralatan dapur yang sudah digunakan. Namun, jangan membiasakan diri seperti ini, ya!

Pasalnya, peralatan dapur yang tidak segera dirapikan berpotensi membuat ruangan menjadi kurang nyaman dipandang. Tidak hanya itu saja, debu pun bisa menempel dengan cepat di peralatan yang dibiarkan begitu saja di luar.

6. Rutin Bersihkan Rak Dapur dan Kulkas

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah rutin membersihkan rak dapur dan kulkas jika punya. Kedua tempat penyimpanan ini berisiko tinggi menjadi sarang laba-laba dan membuat kualitas produk menjadi menurun.

Maka dari itu, Anda bisa mengatur jadwal rutin pembersihan rak dapur dan kulkas setiap sebulan sekali atau dalam beberapa kurun waktu tertentu.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Dapur

Tips-tips membersihkan dapur di atas dibuat bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, Anda memang perlu memperhatikan kebersihan dapur karena hal tersebut berperan penting dalam memberikan manfaat seperti penjelasan berikut ini:

1. Kualitas Makanan, Minuman, dan Bahan Dapur Terjamin

Kebersihan dapur patut terjaga guna menjaga kualitas makanan, minuman, dan bahan dapur tetap terjamin. Bahan makanan yang tercemar jamur atau terkontaminasi zat jahat lainnya pastinya akan mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Terlebih lagi jika Anda tidak bersih dalam membersihkan peralatan dapur dan jarang membuang sampah. Potensi jamur dan debu muncul pun akan lebih tinggi dan berisiko menimbulkan penyakit, seperti kolera, gatal-gatal, diare, dan sebagainya.

2. Peralatan Dapur Tidak Mudah Rusak

Peralatan memasak di dapur umumnya memiliki harga yang cukup mahal sehingga perlu dijaga agar tidak mudah rusak. Maka dari itu, Anda perlu menjaga kebersihan dapur guna menghindari kotoran yang mengerak atau debu menempel yang sulit dibersihkan.

Jika tidak rutin dibersihkan, peralatan dapur akan lebih cepat rusak akibat proses pembusukkan. Anda pun akan merogoh kocek lebih dalam lagi untuk memperbaiki atau membeli peralatan yang baru.

3. Jaga Produktivitas di Dapur

Terakhir, dapur yang bersih ternyata berpengaruh terhadap produktivitas Anda, loh! Anda akan lebih produktif memasak atau beraktivitas lainnya di dapur ketika ruangan tersebut bersih dan terawat.

Untuk menjaga produktivitas tersebut, pastikan Anda rajin dan rutin membersihkan dapur, ya!

Itulah beberapa tips membuat dapur bersih mengkilap yang bisa dilakukan. Pastikan kebersihan dapur selalu terjaga guna menjaga estetika dan menghindari penyakit berbahaya bagi Anda sendiri atau keluarga.

Rekomendasi