Bikin Mual Tapi Laris Manis, 5 Makanan Jalanan di India Paling Jorok dan Diolah Pakai Tangan, Tertarik Mencobanya?

| 16 Dec 2021 07:50
Bikin Mual Tapi Laris Manis, 5 Makanan Jalanan di India Paling Jorok dan Diolah Pakai Tangan, Tertarik Mencobanya?
Sirih api (Foto: YouTube/SosialHits)

ERA.id - India terkenal dengan industri filmnya yang bernama Bollywood, yang sudah mendunia. Tak hanya itu, kita juga disuguhkan dengan pemandangan eksotis. Selain itu, kita juga bisa mencicipi ragam makanan khas India berupa jajanan kaki lima. Tetapi, kebanyakan dibuat dengan cara yang jorok karena diolah memakai tangan.

Namun, siapa sangka rupanya sejumlah makanan yang bikin mual ini justru sangat laris manis di India. Bahkan, penyajiannya yang jorok ini juga viral dimedia sosial dan bikin netizen jadi mual. Berikut 5 makanan jalan di India yang disajikan dengan jorok, seperti dilansir dari kanal YouTube SosialHits.

1. Es krim mie

Es krim mie (Foto: YouTube/SosialHits)
Es krim mie (Foto: YouTube/SosialHits)

Biasanya, es krim disajikan dengan krim dan conenya berbentuk corong. Tapi, salah satu jajanan es krim di India sangatlah berbeda. Es krim yang dinamai Faluda ini mirip es cendol ketimbang es krim. Uniknya, bahan utama dari Faluda adalah bihun.

Proses pembuatan sangatlah unik. Bihun masukkan ke dalam gelas menggunakan tangan. Selanjutnya, diberikan bubur terbuat dari susu yang direbus cukup lama hingga warnanya berubah. Setelah tercampur, berikan es batu dan madu diatasnya.

2. Sirih api

Sirih api (Foto: YouTube/SosialHits)
Sirih api (Foto: YouTube/SosialHits)

Di India terdapat jajanan unik, yakni sirih api. Uniknya,cara penyajiannya ini dibakar lalu dimasukkan langsung ke mulut pembeli ketika api masih menyala. Selain itu, kamu bisa memesan sirih api dengan banyaknya varian rasa. Kalau kamu nggak berani dengan apinya, kamu bisa memesan sirih api dengan es batu.

Cara penyajiannya sama seperti jajanan India pada umumnya, daun sirih menggunakan bahan-bahan tertentu menggunakan tangan. Lalu dibakar dan langsung dimasukkan ke dalam mulut pembeli.

3. Chennai

Chennai (Foto: YouTube/SosialHits)
Chennai (Foto: YouTube/SosialHits)

Chennai adalah makanan yang disajikan di atas daun pisang. Kita diberikan daun pisang sebagai alas makanan, setelah itu kita akan diberikan tiga bumbu khas India lengkap dengan krupuk serta nasi. Tapi, kamu nggak usah khawatir jikalau ingin nambah karena pelayan akan selalu keliling untuk menaruh kuahnya. Penyajiannya sangat mudah yaitu campurkan semua bumbu ke nasi menggunakan tangan. Jika bumbu terasa kurang, kita bisa meminta nambah lagi.

4. Punchka

Punchka (Foto: YouTube/SosialHits)
Punchka (Foto: YouTube/SosialHits)

Jajanan khas India ini nggak kalah menarik. Namanya adalah pani puri atau biasa disebut punchka. Jajanan ini sangat populer di India. Terdiri dari puri berasal dari bola gandum renyah dan diberikan kosong ditengahnya. Bola gandum diberikan lobang dan diisi dengan bumbu-bumbu khas India. Saat dihidangkan, makanan itu akan dicelupkan ke dalam kuah khusus. Bisa manis atau asin tergantung kemauan dari pembeli.

5. Fuljar soda

Fuljar soda (Foto: YouTube/SosialHits)
Fuljar soda (Foto: YouTube/SosialHits)

Kalau di Indonesia, kita menemukan soda gitu-gitu saja, di India kita menemukan soda yang unik banget. Soda itu adalah fuljar soda. Cara minumnya sangatlah unik. Kita masukkan gelas kecil berisikan racikan rasa ke dalam gelas berisi soda sebelum diminum. Setelah dimasukkan, kita harus meminumnya sampai habis.

Bahan-bahan racikan yang digunakan adalah daun mint, pasta cabai hijau, jahe, sirup, lemon, biji popy, dan madu. Semuanya dimasukkan ke dalam gelas kecil.

Rekomendasi