Tips dan Trik Memotong Daging Has Dalam Agar Tak Alot

| 09 Jul 2022 18:15
Chef Cepi saat memotong daging has dalam di Warunk Ropang (WRP) Makassar, Sulawesi Selatan. (Gilang/ERA.id)

ERA.id - Ada trik tersendiri dalam memotong daging has dalam sapi atau sapi yang benar. Kepada ERA, Warunk Ropang (WRP) Makassar, Sulawesi Selatan, menyampaikan caranya.

Chef Cecep Ismail atau yang akrab disapa Cepi bilang, daging has dalam adalah bagian yang banyak digemari orang begitu juga pelanggan setia Warunk Ropang.

Menurut Chef Cepi, sebelum daging itu diolah, sebaiknya dipotong secara berlawanan dari arah seratnya. Sebab dengan cara itu, keempukan daging bisa didapatkan.

Pada umumnya daging memiliki serat yang begitu banyak. Makanya Chef Cepi menganjurkan agar memotong daging tipis-tipis atau berbentuk dadu melawan seratnya.

"Jika kamu memotong daging mengikuti seratnya, maka daging akan terasa alot walau sudah direbus. Jadi perhatikan seratnya sebaik mungkin," kata Chef Cepi kepada ERA, Sabtu (9/6/2022).

Setelah memotong daging secara dadu, potongan daging tersebut bisa direbus selama kurang lebih 2 jam dengan menggunakan bumbu hijau sesuai selera.

Chef Cepi juga menganjurkan, jika tidak ingin menunggu dengan waktu lama, bisa juga memakai presto dan waktunya lebih singkat, yaitu memakan sekitar 45 menit saja.

Setelah direbus, siapkan bahan-bahan pelengkap untuk membuat menu yang kamu inginkan. Warunk Ropang sendiri memberikan satu menu sederhana bagi kamu yang telah mendapatkan daging kurban hari ini dan esok.

Nama resepnya adalah Daging Oseng Rice Bowl. Bahan pelengkapnya seperti daging has dalam atau tenderloin, bawang merah, cabe rawit, tomat, daun bawang, saus tiram, kecap manis sesuai selera.

Berikut cara membuat Daging Oseng Rice Bowl:

Tuangkan minyak goreng secukupnya di wajan kemudian panaskan.

Setelah itu masukkan irisan bawang merah yang telah dipotong kecil. Tumis hingga wangi.

Masukkan cabe rawit kemudian satu buah tomat yang telah dipotong sedemikian rupa.

Masukkan saus tiram dan kecap manis sesuai selera. Setelah itu, tuang daging dan aduk merata dengan bumbu yang sudah disiapkan.

Setelahnya, masukkan daun bawang sesuai selera.

Terakhir, siapkan nasi panas di mangkuk ataupun piring. Tuangkan olahan daging ke atas nasi panas. Tambahan potongan timun atau telur atau sesuai selera Anda. Menu praktis ini sudah bisa disajikan.

Rekomendasi