Berapa Lama Merebus Iga agar Empuk dan Nikmat di Mulut? Ini Penjelasannya

| 05 Aug 2023 12:10
Berapa Lama Merebus Iga agar Empuk dan Nikmat di Mulut? Ini Penjelasannya
Ilustrasi daging iga (pexels)

ERA.id - Daging sapi di sekitar tulang iga biasanya terasa lebih gurig karena punya lemak cukup tebal. Namun, kadang daging di area ini masih alot sehingga kurang nikmat saat disantap. Sebenarnya, berapa lama merebus iga agar empuk?

Ini adalah hal sederhana yang perlu diperhatikan sehingga Anda bisa mengolah iga sapi menjadi berbagai olahan yang enak, nikmat, dan tidak menyusahkan.

Mengolah iga sapi memang cukup menantang sebab serat daging iga cenderung lebih kenyal daripada bagian daging yang tidak dekat tulang. Tak heran jika daging ini bisa alot saat proses pemasakan kurang benar. Dikutip Era.id dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tips merebus iga sapi.

Ilustrasi olahan daging iga (pexels)

Berapa Lama Merebus Iga agar Empuk?

·         Pakai panci presto

Durasi merebus iga sapi bisa berbeda-beda tergantung cara yang digunakan. Dengan panci presto, Anda butuh waktu sekitar 45 menit. Langkah yang perlu dilakukan, rebus dulu daging dalam air mendidih hingga kotorannya keluar.

Setelah itu, ganti air rebusan tersebut. Kemudian, rebus daging iga dengan panci presto selama kurang lebih 45 menit. Daging iga sapi sudah empuk dan siap dijadikan olahan yang lezat.

·         Merebus dengan jeda

Teknik ini tidak hanya membuat daging iga empuk, tetapi juga menghemat gas. Cara melakukannya, rebus air di panci dengan api besar hingga mendidih. Setelah itu, masukkan iga sapi ke panci tersebut dan tutup. Masak iga selama 5 menit.

Setelah itu, matikan kompor. Diamkan iga sapi tersebut di dalam panci selama 30 menit. Jika sudah, nyalakan lagi kompor Anda dan rebus dengan api besar selama 7 menit. Kemudian, buang kotoran dari dalam panci. Daging iga pun siap diolah.

·         Dua kali perebusan

Cara melakukannya adalah masukkan daging iga ke panci dan masukkan air hingga iga terendam. Rebus iga selama 5 menit setelah air mendidih, lalu buang airnya. Setelah itu, cuci iga menggunakan air dingin.

Siapkan proses perebusan kedua. Didihkan air sebanyak sekitar 1,5 liter. Setelah mendidih, kecilkan api dan masukkan iga yang sudah dicuci. Rebus daging iga tersebut selama sekitar 1,5 jam dengan panci tertutup. Setelah itu, Anda bisa mengolah iga tersebut.

·         Rebus dengan api kecil setelah dibumbui

Langkah pertama, rebus iga di air mendidih sekitar lima menit. Setelah itu, buang air rebusan tersebut. Langkah selanjutnya, didihkan lagi air  dan masukkan daging iga.

Setelah itu, memasukkan bumbu dan bahan lain, misalnya bawah putih/merah halus, potongan wortel, dan potongan kentang. Setelah mendidih, kecilkan api kompor. Rebus daging tersebut dengan api kecil selama sekitar 1,5 jam. Setelah itu, daging siap diolah lebih lanjut.

Rekomendasi