ERA.id - Meningkatnya permintaan akan belanja online menghadirkan peluang besar bagi penjual di e-commerce, namun menjalani transaksi jual beli di lanskap yang terus berubah memerlukan panduan untuk membantu dalam pengambilan keputusan bisnis.
Satu elemen kunci dalam meningkatkan potensi berbisnis online adalah data. Menguasai data membantu penjual online membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan membuat penawaran yang dipersonalisasi.
Survei yang dilakukan oleh Lazada menemukan, loyalitas dan pembelian berulang pelanggan kemungkinan besar disebabkan oleh pilihan produk yang lebih beragam, harga yang kompetitif, kenyamanan, dan pengalaman yang dipersonalisasi.
Laporan Lazada yang sama menunjukkan, 94 persen pembeli menggunakan fungsi pencarian Lazada untuk menemukan dan membeli produk, dengan 71 persen membeli barang melalui fitur 'Rekomendasi' yang dirancang khusus untuk setiap pelanggan berdasarkan pola perilaku.
Bagi penjual Lazada, ada berbagai cara agar mereka dapat dengan mudah memanfaatkan kekuatan data dengan menggunakan sumber daya yang tersedia di platform.
Selain mengadopsi berbagai alat yang mendukung teknologi, penjual e-commerce yang ingin menggali lebih dalam kinerja toko online mereka dapat memanfaatkan metrik yang tersedia di Lazada Business Advisor.
Lazada Business Advisor memberikan penjual berbagai data dan informasi, termasuk kinerja keseluruhan pada berbagai metrik bisnis, berbagai wawasan bisnis sampai pada tingkat produk, hingga informasi tren dan minat terbaru konsumen.
"Lazada Business Advisor dirancang untuk memudahkan penjual dalam melacak metrik kinerja, menganalisis perilaku pelanggan. Dan pada akhirnya, menyempurnakan strategi penjualan." ujar Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata.
Lazada mendorong penjual untuk memahami data dan informasi yang ada di Lazada Business Advisor dan memanfaatkannya untuk mengambil keputusan bisnis yang lebih cerdas.
Bagi para penjual ataupun calon penjual yang tertarik untuk membangun usaha online-nya di Lazada. Berikut 5 tips memanfaatkan Lazada Business Advisor untuk menguasai data untuk strategi bisnis kelas wahid!
1. Memantau kinerja toko secara keseluruhan dengan cepat, dengan memeriksa data traffic pengunjung dan penjualan secara real-time di dasbor.
Memastikan produk dilihat oleh pengguna Lazada dan mengarahkan mereka ke toko penjual dapat dilakukan melalui tampilan produk di tempat dengan potensi visibilitas yang tinggi, baik di aplikasi seperti dalam konsol pencarian ataupun rekomendasi, maupun di luar aplikasi seperti di iklan Lazada di platform lain atau membagikan link toko melalui media sosial.
Penjual Lazada dapat memanfaatkan fitur Promosi Berbayar Lazada untuk meningkatkan visibilitas produk ketika pembeli mencari kata kunci yang relevan. Mereka juga dapat memanfaatkan jaringan Afiliasi Lazada untuk menjangkau khalayak yang lebih luas di luar platform.
2. Mendalami analisis produk untuk mengidentifikasi produk unggulan
Memahami kinerja masing-masing produk yang dijual juga dibutuhkan untuk menyusun strategi penjualan. Dengan data kinerja, penjual bisa menentukan fokus promosi ke produk-produk menonjol ataupun prioritas kategori ke produk-produk dengan kinerja yang baik.
3. Pahami produk apa saja yang paling dicari pembeli
Lazada Business Advisor memberikan informasi mengenai sumber traffic pengunjung dan saluran yang dianggap paling potensial untuk mengubah traffic menjadi pembelian, misalnya apakah dari konsol pencarian secara organik, fitur rekomendasi Lazada, atau pun dari iklan Lazada.
Lazada Business Advisor juga memungkinkan penjual mengidentifikasi harga yang kompetitif baik untuk hari-hari biasa maupun selama periode kampanye.
Penjual juga bisa mempertimbangkan berbagai penawaran khusus untuk pelanggan, seperti diskon ataupun gratis ongkos kirim yang telah terbukti menjadi alat yang sangat efektif untuk mendorong pembeli memeriksa keranjang mereka, dan segera check out!
4. Analisis kinerja promosi
Setelah pembeli menjelajahi produk atau toko, ini merupakan peluang penjualan yang bagus untuk mendorong mereka membeli barang relevan lainnya yang awalnya tidak ada dalam daftar belanja.
Memberikan promosi, seperti Flexi Combo atau mekanisme beli 2 gratis 1 dan sejenisnya, atau menetapkan kondisi pembelanjaan minimum untuk diskon toko merupakan mekanisme yang efektif untuk membuat pembeli menambah barang belanjaan ke keranjang.
Selain itu, LazCoins dan program loyalitas toko dapat membantu meningkatkan frekuensi. Nah, Lazada Business Advisor ternyata bisa memantau kinerja promosi-promosi yang digunakan untuk menghasilkan data yang akan berguna dalam strategi penjualan.
5. Mengevaluasi kinerja layanan pelanggan dari tingkat respons obrolan dan waktu
Informasi dan wawasan di Lazada Business Advisor juga bisa menjadi dasar evaluasi untuk layanan pelanggan yang diberikan toko. Tentunya respons yang cepat dan memberikan solusi untuk pelanggan bisa menjaga loyalitas dan pembelian berulang dari pelanggan, yang merasa puas atas layanan toko.