Biar Tak Menyesal, Berikut Tips Membeli Tanaman Hias Secara Online yang Aman Anti Tertipu

Tim Editor

Ilustrasi tanaman hias (Foto: Pexels/cottonbro)

ERA.id - Selama pandemi Covid-19, tanaman hias menjadi tren dan hobi baru bagi masyarakat. Banyak sekali penjual yang berbondong-bondong menjual tanaman hias yang mahal dan banyak dicari masyarakat. Namun, tak semua beberapa tanaman hias yang sedang hits dijual di tempat jual tanaman hias.

Sehingga, sebagian orang memilih untuk membeli lewat marketplace. Namun, kita perlu berhati-hati saat membeli tanaman hias secara online. Supaya tidak menyesal, tentu kamu harus berhati-hati dalam memilih tanaman hias yang hendak dibeli.

Untuk menghindari berbelanja tanaman hias yang tidak menyenangkan, kamu harus mengikuti beberapa tips agar tidak ditipu oleh penjual. Dilansir dari YouTube @penanam Amatir, berikut 5 tips membeli tanaman hias secara online supaya aman dan tidak menyesal:

1. Pastikan Toko Tanaman Hias Terpercaya

Potted Green Indoor Plants

Tanaman Hias (Foto: Pexels/Huy Phan)

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan toko tanaman hias yang terpercaya. Supaya kamu tahu toko tanaman hias itu terpercaya atau nggak, kamu bisa melihat seberapa banyak followersnya. Jika membelinya di marketplace, kamu bisa lihat banyak tidaknya tanaman yang terjual pada toko tanaman hias tersebut. Apabila banyak, sangat dipastikan lagi jika toko tanaman hias itu terpercaya.

2. Membaca Komentar

Hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli tanaman hias adalah jangan pernah malas atau bosan membaca komentar dari orang lain. Melihat respon dari orang lain lewat kolom komentar. Maka, kamu bisa simpulkan apakah akun atau toko yang menjual tanaman hias tersebut terpercaya atau tidak.

3. Minta Penjual Berfoto dengan Tanaman yang Ingin Dibeli

Woman Sitting on Sofa While Looking at Phone With Laptop on Lap

Ilustrasi wanita (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Usai menemukan toko online dengan akun tanaman hias yang terpercaya, pastikan foto yang terpampang di iklan asli atau tidak. Untuk meyakinkan, tidak ada salahnya meminta penjual untuk foto bersama tanaman hias yang akan dibeli. Lebih bagus lagi, jika si penjual mengirimkan video berisi tanaman hias yang ingin kamu beli.

4. Tanyakan Kecacatan Tanaman Hias

Jangan lupa untuk tanyakan kekurangan atau kecacatan dari tanaman hias yang ingin kamu beli. Hal ini supaya kamu tidak salah paham saat tanaman hias datang dengan kondisi yang tidak baik. Bisa saja, kerusakan tanaman hias memang karena saat perjalanan. Selalu, pastikan tanya terlebih dahulu kondisi tanaman yang akan dibeli apakah ada kecacatan atau tidak, seperti batangnya yang patah atau daunnya yang sobek.

5. Tanyakan Perawatan

Woman Watering Plant

Ilustrasi menyiram tanaman hias (Foto: Pexels/Anastasiya Gepp)

Terakhir, tanyakan perawatan apa yang dilakukan untuk tanaman hias yang kamu beli. Hal ini supaya tanaman hias bisa subur dan beradaptasi di tempat baru. Tidak ada salahnya kamu membeli beberapa perawatan tanaman hias yang kamu beli di toko online tersebut.

Tag: Tanaman Hias Tips membeli tanaman hias online

Bagikan: