Aturan Berkebaya Menurut Didiet Maulana, Penting Diketahui!

| 29 Jul 2024 22:00
Aturan Berkebaya Menurut Didiet Maulana, Penting Diketahui!
Perancang busana Didiet Maulana (kiri) dan penyanyi Nina Tamam berbicara dalam acara Kebaya Wicara di Pos Bloc, Jakarta, Minggu (28/7/2024). (Antara)

ERA.id - Desainer Didiet Maulana menjelaskan pakem atau aturan berkebaya yang kini digandrungi anak-anak muda. Hal ini belum tentu banyak diketahui orang.

“Kebaya itu adalah busana yang memiliki bukaan depan,” kata dia pada gelaran Kebaya Fest di Pos Bloc, Pasar Baru, Jakarta, Minggu kemarin.

Desainer yang belasan tahun berkiprah di dunia mode dan telah meneliti kebaya selama enam tahun itu memaparkan, bahwa kebaya memiliki pakem yang hadir sejak awal kelahirannya.

Kebaya yang masih mengindahkan pakem-pakem disebut kebaya klasik. Ada beberapa hal yang menjadi pakem sebuah kebaya klasik, antara lain memiliki bukaan di bagian depan, menggunakan kancing, peniti atau bros yang sekaligus berfungsi sebagai aksesori, memiliki variasi panjang, mulai dari sejajar dengan panjang lengan, hingga ke lutut.

Selain itu, kebaya sesuai pakem juga memiliki variasi di bagian bawah, yaitu potongan lurus atau lancip.

Sementara baju yang menyerupai kebaya, namun memiliki bukaan di bagian belakang, bukanlah kebaya, melainkan baju kurung, Didiet Maulana mengungkapkan.

Meski begitu, Didiet tak mengelakkan perkembangan dunia mode saat ini, termasuk kebaya, yang kini telah banyak mengalami modifikasi.

“Namun, menurutku, biarkan kebaya hidup dengan tren fesyen yang ada. Karena budaya itu harus masuk dengan halus, masuk dengan damai, tetapi, pada saat yang sama kita juga bisa memperkenalkan pakem-pakem kebaya,” dia menambahkan.

Didiet mengungkap, banyak anak muda saat ini yang mengekspresikan kebanggaan akan kebaya dengan cara dan seleranya sendiri, meski tak selalu mengikuti pakem kebaya klasik.

Hal itu justru, menurut dia, pertanda baik, bahwa anak muda, utamanya generasi Z (Gen Z), tidak malu untuk mengenakan dan memperkenalkan budaya tanah asalnya, dalam hal ini adalah kebaya.

“Ketika kita ingin membawa kebaya bisa masuk di generasi muda, ketika kita ingin berbicara dengan suatu generasi, kita harus berbicara dengan bahasa mereka. Jadi tidak masalah mereka bebas mengekspresikan diri dengan kebayanya,” ujar Didiet.

Rekomendasi