Apa Manfaat Teknologi Stem Cell bagi Kehidupan Manusia? Yuk, Kenali Teknologi Penyembuhan Ini

| 09 Sep 2024 16:39
Apa Manfaat Teknologi Stem Cell bagi Kehidupan Manusia? Yuk, Kenali Teknologi Penyembuhan Ini
Apa manfaat teknologi stem cell bagi kehidupan manusia? (Freepik)

ERA.id - Teknologi kesehatan semakin berkembang, khususnya dalam segi penanganan penyakit, salah satunya adalah stem cell. Teknologi ini diyakini mampu menangani beberapa masalah kesehatan, termasuk kanker. Lantas apa manfaat teknologi stem cell bagi kehidupan manusia secara khusus? Simak ulasannya di bawah ini.

Mengenal Stem Cell

Dilansir dari Healthy, sel induk adalah sel yang memberikan fungsi khusus dalam tubuh. Bagian kecil pada tubuh ini mampu membelah diri untuk membentuk lebih banyak sel yang selanjutnya disebut juga dengan sel anak.

Selanjutnya, sel anak ini dapat menjadi sel induk baru dengan fungsi yang lebih khusus. Misalnya, dari sel anak yang menjadi sel induk antara lain sel darah, sel otak, sel otot jantung, atau sel tulang.

Lantas, bagaimana terapi stem cell mengatasi masalah kesehatan?

Tindakan terapi yang dikenal juga sebagai pengobatan regeneratif memang disarankan untuk mengatasi beberapa gangguan.

Sebab, metode ini bisa mempromosikan respons perbaikan jaringan yang rusak, disfungsional, atau mengalami cedera dengan peran sel punca.

Peneliti sebelumnya menumbuhkan sel punca di laboratorium. Kemudian, stem cell tersebut dimanipulasi untuk berspesialisasi agar bisa “menggantikan” sel tertentu, misalnya sel otot jantung, sel darah, atau sel saraf.

Sel-sel tersebut selanjutnya ditanamkan ke dalam tubuh seseorang pada bagian yang bermasalah. Sebagai contoh, jika seseorang mengalami penyakit jantung, sel ini akan disuntikkan ke dalam otot jantung. Dengan demikian, otot jantung yang sedang cedera dapat teratasi.

Banyak orang meyakini jika sel sumsum tulang dewasa yang diolah menjadi sel yang mirip di jantung efektif dalam memperbaiki jaringan yang rusak. Walaupun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

Ilustrasi sel. (Freepik)

Apa Manfaat Teknologi Stem Cell bagi Kehidupan Manusia?

Sel punca memang mampu menangani berbagai macam penyakit, tetapi dengan stimulasi yang tepat. Sebab, sel ini mampu meregenerasi jaringan yang rusak jika tepat sasaran.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari tindakan ini, antara lain:

Regenerasi jaringan

Salah satu manfaat dari terapi ini yaitu memperbaiki jaringan dengan cara membuatnya dapat beregenerasi.

Jika seseorang yang mengalami kekurangan organ donor, sel punca dapat berdiferensiasi sehingga mampu menumbuhkan jenis jaringan atau organ tertentu.

Mengobati penyakit otak

Dokter juga bisa mengambil tindakan stem cell untuk mengatasi penyakit otak, misalnya Parkinson dan Alzheimer.

Kerusakan yang terjadi pada sel otak mengakibatkan gerakan otot yang tidak terkendali.

Nah, sel punca mampu mengisi kembali jaringan otak yang rusak. Bahkan, tindakan pengobatan ini cukup efektif untuk diterapkan dengan tingkat kesembuhan yang cukup tinggi.

Pengobatan penyakit kardiovaskular

Manfaat berikutnya yang bisa didapatkan dari tindakan penanaman sel punca yaitu dapat mengatasi beberapa penyakit kardiovaskular.

Saat sel ini disuntikkan ke dalam tubuh, jaringan pembuluh darah dapat terbentuk, dengan kualitas yang sama dengan pembuluh darah alami.

Dengan demikian, penyakit kardiovaskular dapat teratasi dengan baik.

Demikianlah pembahasan mengenai apa manfaat teknologi stem cell bagi kehidupan manusia. Setelah membaca penjelasan di atas, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengambil teknologi pengobatan ini. Namun, agar lebih jelas, tidak ada salahnya jika Anda bertanya pada dokter terkait efektivitas terapi ini.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi