Cuaca Tak Menentu, Anak Perlu Tambahan Suplemen untuk Jaga Sistem Imun biar Nggak Gampang Sakit

| 26 Sep 2024 07:45
Cuaca Tak Menentu, Anak Perlu Tambahan Suplemen untuk Jaga Sistem Imun biar Nggak Gampang Sakit
Ilustrasi anak minum suplemen biar nggak gampang sakit saat cuaca tak menentu (Freepik)

ERA.id - Cuaca tak menentu, terkadang hujan dan panas bergantian dalam sehari bisa membuat anak menjadi rentan terpapar penyakit. Untuk itu, orangtua perlu memahami dalam kondisi ini, sistem imun anak lebih mudah melemah. 

Orangtua perlu menyadari kalau mengandalkan pola makan sehat saja belum cukup, tapi anak butuh asupan lain seperti halnya suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil tetap prima.

Dr. Ngabila Salama, praktisi kesehatan masyarakat mengatakan, nutrisi yang seimbang dan perlindungan dari dalam dapat menjadi kunci utama dalam menjaga daya tahan tubuh anak tetap kuat. 

"Anak-anak lebih rentan terhadap dehidrasi dan infeksi selama musim kemarau. Oleh karena itu, orang tua harus proaktif dalam menjaga kesehatan mereka. Suhu tinggi dapat melemahkan daya tahan tubuh, sehingga penting untuk memastikan anak-anak mendapatkan asupan nutrisi dan hidrasi yang memadai sebagai langkah awal untuk memperkuat sistem imun mereka,” kata dokter Ngabila seperti dikutip Antara

Ia juga menekankan perlunya perhatian terhadap pola makan anak, terutama dalam memilih makanan yang kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, D, dan Zinc.

Sayuran hijau, buah-buahan seperti jeruk dan stroberi, serta kacang-kacangan merupakan sumber nutrisi yang sangat baik. Selain itu, menjaga hidrasi yang optimal sangat penting.

Pastikan anak juga minum air putih yang cukup sepanjang hari, terutama ketika mereka aktif bermain di luar ruangan, untuk mencegah risiko dehidrasi.

Selain itu, dr. Ngabila Salama juga merekomendasikan suplemen herbal yang dapat menjadi tambahan yang bermanfaat dalam mendukung kesehatan anak di masa sulit ini.

Bahan-bahan alami seperti temulawak, dan meniran telah lama dikenal mampu meningkatkan imunitas secara tradisional.

Produk- produk ini dapat diberikan dengan aman kepada anak, namun tetap perlu dipastikan sesuai dengan dosis yang direkomendasikan, dan selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan suplemen kepada anak.

dr. Ngabila Salama menambahkan, orangtua dapat melakukan beberapa langkah sederhana untuk menjaga kesehatan anak selama kemarau, seperti menyediakan makanan segar dan bergizi setiap hari, memastikan anak cukup istirahat, serta menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

Selain itu, memilih pakaian yang ringan dan menyerap keringat juga sangat penting untuk menjaga kenyamanan anak.

Dengan kombinasi nutrisi yang baik, hidrasi yang cukup, dan dukungan dari suplemen herbal, anak-anak dapat tetap sehat dan aktif meskipun cuaca sedang panas.

Rekomendasi