Pandemi COVID-19 Mengubah Segalanya, Termasuk Perilaku Belanja

| 04 Aug 2022 06:06
Pandemi COVID-19 Mengubah Segalanya, Termasuk Perilaku Belanja
Ilustrasi perempuan (Foto: Freepik/ijeab)

ERA.id - Menyambut ulang tahun Republik Indonesia ke-77, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) akan menyelenggarakan Indonesia Shopping Festival 2022 pada 11-21 Agustus 2022 yang diadakan di seluruh pusat belanja di Indonesia.

Acara festival ini menawarkan diskon 77 persen, yakni sesuai dengan usia Republik Indonesia pada tahun ini. Tak hanya itu, ada juga pameran produk dalam negeri, UMKM di seluruh pusat perbelanjaan, festival kuliner khas nusantara dengan pertunjukan kesenian daerah hingga kolaborasi event.

"Kami menyambut baik adanya Indonesia Shopping Festival saat ini, karena memang dibutuhkan untuk menunjukkan adanya pusat perbelanjaan dengan daya beli. Keberadaan Indonesia Shopping Festival yang diadakan tanggal 11-21 Agustus tepat adanya," ujar Ellen Hidayat, Ketua DPD APPBI DKI Jakarta saat ditemui di TAWA Terrace, Kota Kasablanka pada Rabu (3/8).

Ellen Hidayat membagi tiga golongan perilaku konsumen mal di DKI Jakarta di masa pandemi Covid-19. Pertama, konsumen yang tak tetap berani mengunjungi mal meski pandemi Covid-19.

Indonesia Shopping Festival 2022 (Foto:Era.id/Adelia Hutasoit)
Indonesia Shopping Festival 2022 (Foto:Era.id/Adelia Hutasoit)

"Saya mencoba membedah konsumen di DKI yang terbagi menjadi tiga golongan. Yang satu itu suka ke tempat belanja, mereka berani, enggak takut, apalagi sampai pembagian wilayah. Kalau mal di selatan yang tergolong berani," paparnya.

Kedua, konsumen masih ada yang ragu-ragu lantaran panik dengan Covid-19, namun masih tetap mau pergi ke mal. Terakhir, perilaku konsumen yang sama sekali tidak bisa masuk mal.

"Golongan kedua yang masih ragu-ragu. Yang ragu-ragu ini dengan berita viral, mereka sudah WA di grup dikatakan begini langsung panik. Ada kelompok tiga belum pernah lagi ke sana, apa karena belum vaksin," jelasnya.

"Saya dilapangan melihat masih ada yang melakukan vaksinasi di luar negeri, masuk mal enggak bisa karena belum connect, Hal ini yang harus digarap DKI adalah tentu golongan dua dan tiga," lanjutnya.

Menurutnya, acara Indonesia Shopping Festival 2022 bisa menjadi sebuah inovasi untuk memajukan pusat perbelanjaan. Apalagi, acara Indonesia Shopping Festival sudah 2 tahun tidak diadakan. Tentunya, acara festival ini bisa mengobati masa rindu masyarakat Indonesia.

"Golongan satu sudah berani dan tak takut. Mulai melakukan inovasi kegiatan dipandemi ini. Kita belum resmi mendatangkan banyak orang-orang, pintar-pintar kini mencari. Dari pusat belanja tidak bisa berjalan," lanjutnya.

Para pengunjung Indonesia Shopping Festival 2022 nantinya dihimbau untuk tetap displin dan menerapkan protokol kesehatan dan aplikasi PeduliLindungi ketika masuk mal. Pembukaan Indonesia Shopping Festival 2022 diadakan serentak di beberapa kota besar pada 11 Agustus 2022 pukul 14.00 WIB.

Kota Surakarta menjadi lokasi utama pembukaan Indonesia Shopping Festival, tepatnya di Solo Paragon Lifestyle Mall. Pembukaan di mal dihadiri langsung Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

Pada waktu bersamaan, pembukaan diadakan secara live di beberapa kota lainnya, antara lain DKI Jakarta di Kota Kasablanka Mal, Banten di AEON BSD, DI Yogyakarta di Ambarukmo Plaza, Surabaya di Pakuwon Mal dan Palembang di Palembang Square.

Rekomendasi